Yuk Intip Profil Calon Deputi Gubernur BI Pilihan Jokowi

loading...
Yuk Intip Profil Calon Deputi Gubernur BI Pilihan Jokowi
Tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia akan diuji kepatutan dan kelayakan oleh DPR hari ini dan besok. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - DPR akan menggelar rangkaian uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepada tiga calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yaitu Juda Agung, Aida S Budiman, dan Doni P Joewono pada hari ini dan besok (7-8 Juli 2020) di Jakarta.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako mengatakan, ketiga nama calon Deputi Gubernur BI tersebut diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada DPR sebagai calon pengganti Erwin Rijanto yang berakhir jabatannya pada bulan Juni 2020.

"Saat ini, Juda Agung menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makrorudensial, Aida S. Budiman menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter, dan Doni P. Joewono menjabat sebagai Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Sumber Daya Manusia," terang Onny di Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Berikut profil masing-masing calon Deputi Gubernur BI tersebut:



1. Juda Agung
Juda Agung lahir di Pontianak, pada tahun 1964. Pendidikan Teknologi Industri Pertanian ditempuhnya pada tahun 1981 di Institut Pertanian Bogor. Melanjutkan pendidikannya, Juda meraih Gelar Ph.D in Economics, University of Birmingham pada tahun 1999 setelah meraih gelar Master in Money Banking and Finance di universitas yang sama tahun 1993-1995. Memulai kariernya di Bank Indonesia pada tahun 1991 sebagai staf Urusan Ekonomi dan Statistik, dan selanjutnya sebagai Peneliti Ekonomi Yunior di Bagian Studi Ekonomi Makro, Struktur dan Pengembangan Pasar Keuangan, Juda memiliki banyak pengalaman di bidang riset ekonomi dan kebijakan moneter.

Pada tahun 2017, Juda pernah menjabat Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, kemudian sebagai Executive Director SEAVG-IMF di Washington sebelum menjabat sebagai Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial. Sejalan dengan bidang yang digeluti, Juda telah menulis dan mempublikasikan beberapa hasil penelitian, antara lain di bidang moneter dan sistem keuangan.

Di samping itu, Juda pernah mendapatkan penghargaan HW Arndt untuk artikel terbaik dalam Buletin of Indonesian Economic ISEI Award.



(Baca Juga: BI, OJK dan Pemerintah Harus Kompak Pulihkan Ekonomi)
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top