Instruksi Wapres: Kendalikan Harga Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

Senin, 31 Oktober 2022 - 07:54 WIB
loading...
Instruksi Wapres: Kendalikan Harga Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta waspada lonjakan harga pangan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru. Pemerintah telah menyiapkan strategi-strategi untuk menjaga stabilitas harga barang pokok menjelang akhir tahun.

Mengingat, perayaan hari besar meningkatkan konsumsi masyarakat sehingga menyebabkan kelangkaan barang yang akhirnya terjadi kenaikan harga-harga barang pokok. Meskipun, kenaikan harga barang pokok yang juga terjadi pada beberapa waktu lalu juga diakibatkan adanya pengaruh krisis Global.

“Memang ini pengaruh global, krisis global semua dunia ini terpengaruh harga, makanya terjadi kenaikan-kenaikan harga ya karena krisis pangan, ada krisis. Tapi kita Indonesia memang pada kemarin-kemarin ada terjadi (kenaikan),” katanya dikutip dari keterangannya, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Kelaparan Melonjak, 3,1 Miliar Orang Tak Bisa Beli Makan

Dia mengatakan pemerintah telah menyiapkan strategi dengan menginstruksikan pada Kepala Daerah untuk mengantisipasi kenaikan harga dengan menyiapkan ketahanan pangan. “Kita, pemerintah sudah menyiapkan strategi, bahwa daerah-daerah itu, itu sudah siap mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga. Daerah-daerah harus siap menyiapkan, Gubernur-gubernur semua menyiapkan ketahanan pangan, kebutuhan,” imbaunya.

Wapres mengungkapkan jika pada satu daerah terjadi kelangkaan komoditas, maka harus didatangkan segera dari daerah lain untuk menjaga stabilitas harga barang pokok. “Andaikata ada komoditi yang tidak ada di daerahnya dia harus membeli dari daerah lain supaya harganya stabil dan ongkosnya ditanggung pemerintah daerah sehingga harganya tidak naik. Nah ini di dalam rangka (stabilkan harga),” katanya.

Baca Juga: Harga Pangan Naik 84,6%, Inflasi Sri Lanka Tembus 70,2 Persen

Wapres juga memberikan peringatan jangan sampai ada kelompok-kelompok spekulan yang memanfaatkan momentum kelangkaan barang pokok untuk menaikkan harga. “Kita juga memberi peringatan jangan sampai ada kelompok tertentu, orang-orang yang memanfaatkan situasi di saat kita justru sedang mengendalikan, jangan ada kelompok spekulan-spekulan yang kemudian menaikkan harga, di terus akan diawasi oleh pemerintah,” tegas Wapres.

“Kita ingin jangan sampai masyarakat dibebani. Jadi supaya harga tetap stabil, inflasi juga terkendali, dan masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan-kebutuhannya,” tandasnya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2590 seconds (11.252#12.26)