Kerap Galau Ambil Keputusan di Perusahaan? Saatnya Rekrut Akuntan

Selasa, 01 November 2022 - 19:27 WIB
loading...
Kerap Galau Ambil Keputusan di Perusahaan? Saatnya Rekrut Akuntan
Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Sosial DPD Partai Perindo Kabupaten Bekasi Wiradjegha Nurhasan. Foto/MPI/Advenia Elisabeth
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Sosial DPD Partai Perindo Kabupaten Bekasi Wiradjegha Nurhasan mengatakan, peran akuntan manajemen di era saat ini sering dikesampingkan. Padahal, perannya cukup penting dalam mengatasi "kegalauan" perusahaan.

"Zaman sekarang banyak perusahaan yang mengesampingkan peran akuntan manajemen. Padahal, kalau perusahaan punya akuntan manajemen, sangat membantu dalam menentukan keputusan untuk masa depan perusahaan. Jadi pimpinan nggak lagi galau," kata Wira, sapaan akrab Wiradjegha, dalam podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (1/11/2022).

Untuk perusahaan-perusahaan skala kecil, kata dia, sebaiknya akuntan manajemen dimasukkan dalam struktur organisasi perusahaan. Lebih lanjut, Wira menyontohkan betapa pentingnya akuntan manajemen dalam pengambilan keputusan perusahaan.



Sebuah perusahaan es krim Singapura hendak melakukan ekspansi pasar ke Indonesia. Otomatis, perusahaan tersebut harus bersaing dengan es krim yang sudah ada Indonesia. Dalam situasi tersebut perusahaan hanya dihadapkan dengan dua pilihan.

Pertama, perusahaan es krim Singapura itu harus membuat pabrik di Indonesia agar bisa menghasilkan produknya. Pilihan kedua, perusahaan harus impor barang dari Singapura ke Indonesia, di mana hal tersebut membutuhkan proses izin yang panjang.

"Nah, di sinilah peran akutan manajemen, harus mampu mencari solusi atas masalah ini. Harus dicari tahu jalan keluarnya. Kalau kita bangun pabrik beli tanahnya berapa, bangun gedungnya berapa. Kemudian nanti SDM-nya bagaimana, itu harus semuanya dipikirkan. Ketika semuanya sudah selesai berapa sih return on investment yang didapatkan,” bebernya.



Jadi, kata dia, orang yang bekerja sebagai akuntan manajemen harus mampu membangun solusi bagi perusahaan. "Maka dari itu penting sebenarnya peran akuntan manajemen dalam sebuah perusahaan," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)