Siap-siap Bunda, Harga Cabai Bakal Makin Pedas di Akhir Tahun

Kamis, 03 November 2022 - 12:55 WIB
loading...
Siap-siap Bunda, Harga Cabai Bakal Makin Pedas di Akhir Tahun
Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) memastikan harga cabai akan naik pada akhir tahun 2022, begini sebabnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) memastikan harga cabai akan naik pada akhir tahun 2022 nanti. Hal itu dia yakinkan karena permintaan pada hari raya besar akan tinggi, namun pasokan ke pedagang tidak banyak lantaran petani gagal panen .

"Saya pastikan cabai ini saat akhir tahun harganya tinggi. Karena ritme tahunan. Setiap pertengahan Desember permintaan tinggi barangnya nggak ada karena musim hujan. Tahun lalu saja kenaikan cabai di akhir tahun sampai dua kali lipat itu karena pasokan yang berkurang, panen petani nggak maksimal karena musim hujan dan permintaan tinggi," papar Ketua Umum DPP IKAPPI, Abdullah Mansuri saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Badan Pangan Nasional Redakan Pedasnya Harga Cabai

Lanjut dia, karena faktor cuaca tersebut maka petani banyak yang mengurungkan niatnya menanam cabai. Para petani tidak ingin merugi. Oleh karena itu pasokan ke pedagangnya sedikit di saat permintaan konsumen sedang tinggi-tingginya.

"Panen cabai itu kan November ini, lagi banyak tuh barang di pasar, kalau sudah banyak barang di pasar dan harganya jatuh biasanya petani enggak mau tanam lagi. Di tambah lagi Desember musim hujan, ada risiko rugi, jadi petani males tanam lagi. Jadi mahal deh," ucap Abdullah.

Baca Juga: Harga Cabai Meroket, Inflasi Juli 2022 Capai 0,64%

Maka dari itu, ia meminta Kementerian Pertanian agar segera memetakan wilayah-wilayah produksi cabai dan memberikan subsidi. Selain itu juga turut mendampingi para petani cabai di daerah supaya saat permintaan tinggi di akhir tahun barangnya banyak di pasar.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3505 seconds (11.252#12.26)