Kian Semarak, Bos Bank Jago Ungkap Masa Depan Bank Digital

Jum'at, 04 November 2022 - 08:19 WIB
loading...
Kian Semarak, Bos Bank Jago Ungkap Masa Depan Bank Digital
Direktur Utama PT Bank Jago Tbk (ARTO) Kharim Siregar (tengah) dalam acara Singapore Fintech Festival (SFF) ke-7 di Singapore Expo, Singapura, Kamis (3/11/2022). FOTO/Dani Jumadil
A A A
SINGAPURA - Direktur Utama PT Bank Jago Tbk (ARTO) Kharim Siregar buka-bukaan soal masa depan bank digital di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Hal ini berkaca pada total populasi di Asia Tenggara yang mencapai 400 juta penduduk ditopang dari sisi demografi rata-rata penduduknya paling muda dibandingkan kawasan lain.

"Dari sisi acceptable digital mereka paling tinggi, jadi semua istilahnya perkembangan digital banking itu larinya ke sini yang lain pada ikut," ujar Karim dalam acara Singapore Fintech Festival (SFF) ke-7 di Singapore Expo, Singapura, Kamis (3/11/2022).



Karim menjelaskan, dalam Singapore Fintech Festival membantu perkembangan bank digital, baik dari sisi digital, teknologi hingga keamanan data. Dirinya juga akan mengembangkan ekosistem digital Bank Jago.

"Di sini segala macam ada, saya juga belajar, pas pulang nanti saya mau melihat juga. Kalau semua teknologi yang ada di sini bisa diimplementasikan, kita sudah 10 tahun ke depan," ujar Karim.

Pada diskusi panel yang mengangkat topik Driving New Digital Bank Profitability, Kharim menjelaskan pentingnya kolaborasi strategis dengan ekosistem untuk mendorong pertumbuhan bank digital serta mengakselerasi jumlah masyarakat dalam mendapatkan produk dan layanan keuangan secara signifikan.

“Semangat mengedepankan inklusi keuangan mendorong kami untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan ekosistem digital. Sebagai bank berbasis teknologi, kami mengembangkan produk dan layanan kami agar dapat tertanam dalam berbagai ekosistem digital,” kata Kharim.

Saat ini Bank Jago hadir pada sejumlah ekosistem digital utama di Indonesia, termasuk ekosistem GoTo yang terdiri dari Aplikasi Gojek, GoPay, dan GoBiz serta ekosistem investasi digital Bibit dan Stockbit. Ke depan Bank Jago akan terus mengembangkan dan memperluas kolaborasi dengan ekosistem yang baru maupun yang sudah ada.

Kharim juga menjelaskan pentingnya bisnis pembiayaan agar Bank Jago dapat bertumbuh positif dan berkelanjutan sekaligus menciptakan akses keuangan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta masyarakat luas.

Dalam menjalani fungsi intermediasi ini, Bank Jago menyalurkan kredit melalui kolaborasi dengan berbagai mitra (partner), seperti multifinance, perusahaan financial technology (fintech), dan lembaga keuangan lainnya. Dalam bisnis pembiayaan, Bank Jago juga percaya kolaborasi dengan ekosistem adalah cara yang efektif bagi bank digital untuk membantu memberikan akses keuangan kepada nasabah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)