Saatnya Nelayan Lokal Terkoneksi dengan Pasar Global

Jum'at, 04 November 2022 - 21:58 WIB
loading...
Saatnya Nelayan Lokal Terkoneksi dengan Pasar Global
Aruna membantu menghubungkan nelayan lokal dengan pasar global. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Aruna sebagai integrated fisheries commerce yang berperan sebagai supply chain aggregator dalam menghubungkan langsung nelayan skala kecil ke pasar global telah merangkul hampir 40.000 nelayan yang tersebar di 27 provinsi wilayah Indonesia. Aruna menargetkan jumlah itu akan terus bertambah ke depannya.

Baca juga: KKP Serahkan Bantuan Mesin Kapal untuk Nelayan di Cilincing

“Saya bangga menjadi bagian dari Aruna, tangkapan saya bisa sampai ke luar dan saya merasakan hasilnya. Saya bahkan bisa menyekolahkan anak saya sampai ke jenjang perguruan tinggi berkat menjadi bagian dari nelayan Aruna,” ujar nelayan Aruna Bangkalan dalam keterangan terulis Aruna, Jumat (4/11/2022).

Aruna menyadari, nelayan merupakan salah satu komunitas terpenting dalam rantai bisnis berkelanjutan sehingga fokus operasi bisnis di Aruna pun tertuju pada memberikan added value dan meningkatkan kesejahteraan hidup nelayan Aruna. Fakta lapangan, nelayan Aruna telah mampu meningkatkan pendapatannya hampir 10x lipat dari semula.

Saat ini, sejalan dengan fokus Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia (KKP) yang tengah gencar membahas Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA), Aruna mengambil peran penting. Program kartu KUSUKA tersebut ditujukan bagi nelayan, petambak, pembudidaya dan pelaku usaha perikanan lainnya akan memberikan banyak kemudahan seperti akses pembiayaan kredit usaha rakyat, akses pengajuan bantuan untuk nelayan dan sekaligus menjadi tanda pengenal bagi nelayan itu sendiri.

Tentunya, Aruna akan terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk mewujudkan Ekonomi Biru yang menjadikan kesejaterahan nelayan sebagai spirit utama poros maritim dunia. Untuk itu Aruna hadir di desa-desa pesisir di Indonesia dengan program pemberdayaan nelayan.
Aruna memastikan ketersediaan pasar yang berkelanjutan baik domestik maupun ekspor. Aruna juga memastikan nelayan terproteksi dengan kepemilikan KUSUKA dan BPJamsostek bagi nelayan yang tergabung bersama Aruna.



“Kami menangkap positif inisiatif pemerintah ini dan tentunya kami ingin turut ambil bagian. Saya menilai, KUSUKA pastinya akan banyak memberikan manfaat bagi nelayan khususnya untuk nelayan kami. Aruna akan siap membantu dan terlibat dalam mengupayakan nelayan Aruna untuk mendapatkan KUSUKA tersebut,” tutup Utari Octavianty, Co-Founder & Chief Sustainability Aruna.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)