Kementan Gelar Job Fair dan Bazar UMKM di Pacitan

Minggu, 06 November 2022 - 21:59 WIB
loading...
Kementan Gelar Job Fair dan Bazar UMKM di Pacitan
Sekda Pemkab Pacitan Heru Wiwoho (kiri) mencoba produk UMKM didampingi Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana (tengah).
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya meningkatkan kualitas SDM pertaniandengan terus mendorong generasi milenial menekuni sektor pertanian. Generasi milenial diharapkan dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

“Terbukti banyak pemuda-pemudi terdidik saat ini yang menjadi pelopor dalam usaha pertanian. Itulah contoh nyata, pertanian tidak identik dengan kotor dan kemiskinan. Karena pertanian saat ini ditunjang mekanisasi dan inovasi teknologi yang menjadikan pertanian lebih modern dan menjanjikan,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulis, Minggu (6/11/2022).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan petani milenial merupakan ujung tombak pembangunan pertanian. “Kalian harus menjadi qualified job seekers dan job creator. Kalian harus bisa menjadi SDM pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi,” katanya.

(Baca juga:Membangkitkan Petani Milenial)

Dedi Nursyamsi menambahkan kapasitas dan kompetensi tersebut akan mampu menggenjot kreativitas pertanian. Mampu menggenjot ekspor.

Salah satu upaya dilakukan Kementan melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) khususnya Polbangtan Malang selaku Project Provincial Implementation Unit (PPIU) Provinsi Jawa Timur dalam Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Kementan melalui Program YESS bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan memberikan fasilitas bagi pencari kerja melalui kegiatan pameran bursa kerja yakni Job Fair dan Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) Tahun 2022 di Pacitan, Sabtu (5/11/2022).

(Baca juga:Kementan Kawal Pertumbuhan Petani Milenial Banjar)

Upaya Kementan dan YESS disambut baik Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan, Heru Wiwoho yang menghadiri Job Fair dan Bazzar UMKM sekaligus membuka kegiatan tersebut. “Terima kasih atas terselenggaranya even yang sangat luar biasa pada hari ini. Tentunya, harapan Pemkab Pacitan dengan adanya kegiatan ini akan menumbuhkan perekonomian di Pacitan,” katanya.

Heru Wiwoho menambahkan, potensi pertanian Pacitan cukup luas dan luar biasa. Sudah ada yang diekspor sehingga perlu dieksplorasi. “Job Fair dan Bazar UMKM dapat menjadi media promosi kepada masyarakat bahwa Pacitan punya potensi dan daya saing di sektor pertanian,” katanya lagi.

Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udraryana senang dengan kegiatan. Pihaknya juga mengapresiasi Pemkab Pacitan yang mendukung penuh Program YESS yang diinisiasi oleh Kementan. “Misi dari Program YESS adalah membangun generasi muda untuk lebih cinta pertanian,” kata Setya Budhi Udrayana.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 5 dan 6 November 2022 bertujuan memfasilitasi pertemuan kedua belah pihak pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja (perusahaan). Sebanyak 12 perusahaan mengikuti Job Fair dan 20 UMKM berpartisipasi Bazar UMKM 2022.
(dar)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3511 seconds (10.101#12.26)