Sarjana Olahraga Bertani Cabai, Kini Jadi Mentor Petani Milenial Pacitan

Minggu, 06 November 2022 - 22:38 WIB
loading...
A A A
Sebagai petani milenial, Ganda yang telah mendahului usaha dengan melibatkan 20 rekannya, mengaku tergelitik untuk berbagi ilmu dengan Penerima Manfaat Program YESS untuk membangun pertanian di Pacitan.

“Awalnya, saya mulai memberanikan diri bertani pada 2018. Sekarang sudah ada 10.000 tanaman. Prediksi panen tiga ton cabai. Dijual dengan harga minimal Rp10.000 per kilogram,” katanya.

Hal yang menarik, Ganda menanam cabai keriting pada empat fase berbeda dengan selisih tanam empat minggu. Di antara 10.000 pohon cabai yang ditanam, sebagian dilakukan di lahan yang bersebelahan dengan lahan padi.

Secara teori, mungkin dia salah, tapi itulah yang dilakukan para milenial yang menyukai tantangan, dan dengan berbagai cara, Ganda berhasil melakukannya.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana yang hadir bersama jajaran YESS PPIU Jatim, Sabtu (5/11/2022) menyampaikan pesan Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi tentang perlunya penerapan smart farming untuk peningkatan produktifitas pertanian.

“Selain itu kolaborasi dengan membentuk kelembagaan petani akan menjadi peluang untuk mengembangkan jejaring dari hulu hingga hilir,” kata Setya BU didampingi Manajer PPIU YESS Jatim, Acep Hariri.

Termasuk di antaranya, kata Setya, penguatan permodalan melalui akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang berbunga rendah. Selain itu, Udrayana menambahkan pentingnya kelembagaan yang legal untuk menumbuhkan kepercayaan pihak lain yang bermaksud menjadi mitra dan sekaligus menjamin keberlanjutan usaha yang dilakukan.

“Kita tidak bisa sendiri-sendiri lagi dalam berusaha tani. Membangun pertanian harus melalui kolaborasi, dan untuk menjamin kekuatan dan keberlangsungan pertanian ke depan. Itu ada di tangan para milenial,” kata Direktur Setya BU yang akrab disapa Uud.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)