61 Pelabuhan Dibuka, Jumlah Penumpang Kapal Bakal Membeludak

Selasa, 07 Juli 2020 - 22:38 WIB
loading...
61 Pelabuhan Dibuka, Jumlah Penumpang Kapal Bakal Membeludak
foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atawa Pelni menyambut baik adanya pembukaan akses pelabuhan di beberapa wilayah di Indonesia. Hingga saat ini sudah terdapat 61 pelabuhan yang membuka aksesnya, baik untuk embarkasi dan debarkasi bagi penumpang, serta lima pelabuhan yang hanya melayani proses embarkasi.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni O.M. Sodikin menyampaikan, setelah adanya pelonggaran perjalanan bagi penumpang, Pelni mencatatkan sebanyak 14.685 pelanggan telah berpergian dengan kapal penumpang sejak Mei 2020 hingga 5 Juli 2020. Ditambah lagi, sebanyak 16.456 pelanggan yang berpergian dengan kapal perintis pada periode yang sama.

"Pelni optimistis jumlah penumpang akan terus meningkat terutama setelah mulai dibukanya kembali pelabuhan dan mulai dilakukannya kembali kegiatan operasional kapal walaupun masih secara bergantian," ungkap Sodikin, dalam keterangan tertulisnya Selasa (7/7/2020). ( Baca juga:Kapal Kasih Motor 25 Tenggelam, Satu Jenazah Ditemukan )

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro, menyampaikan bahwa Pelni tetap mematuhi peraturan yang berlaku terkait kegiatan naik turun penumpang kapal pada setiap daerah. Pelni juga selalu menjalankan protokol kesehataan selama melaksanakan kegiatan operasionalnya.

Saat ini perusahaan mengoperasikan enam kapal penumpang, yakni KM Bukit Siguntang, KM Labobar, KM Dobonsolo, KM Gunung Dempo, KM Dorolonda, dan KM Kelimutu.

"Pada pelayaran KM Kelimutu Minggu kemarin (5/7), kapal membawa 239 penumpang dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sekitar 237 penumpang turun di Pelabuhan Sampit," ungkap Yahya.

Beberapa kapal juga akan segera melakukan kegiatan operasionalnya, seperti KM Sinabung dijadwalkan akan beroperasi pada 8 Juli 2020 dengan rute Surabaya-Makassar-BauBau -Banggai-Bitung-Ternate-Bacan-Sorong-Manokwari-Biak-Jayapura (PP).
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)