Masuknya Investasi Asing ke Startup Lokal bak Buah Simalakama

Rabu, 09 November 2022 - 13:08 WIB
loading...
Masuknya Investasi Asing ke Startup Lokal bak Buah Simalakama
Investasi asing di startup lokal bak buah simalakama. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Asosiasi Modal Ventura untuk Start-up Indonesia (Amvesindo) menilai, masuknya investor asing ke startup dalam negeri bak buah simalakama. Ada sisi baik, namun ada juga sisi buruknya.

Baca juga: 80 Startup RI Disiapkan Jadi Perusahaan Raksasa Teknologi

Ketua Umum Amvesindo Eddi Danusaputro menjelaskan, Indonesia masih menjadi daya tarik bagi investor asing. Pasalnya, jumlah penduduk Indonesia sangat banyak dan senang berbelanja.

Namun, masuknya investasi asing secara tidak langsung membuat start up-start up mereka bisa menguasai pasar Indonesia. Seharusnya penguasaan pasar dalam negeri dilakukan oleh start up lokal.

"Ini seperti buah simalakama. Mereka senang investasi di sini, terus kita yang jadi market mereka. Mereka ngejar itu. Kita enggak bisa hanya jadi market atau player. Teknologinya bukan dari kita, pencipta lapangan kerjanya juga terbatas," ujar Eddi dalam program Market Review IDX Channel, Rabu (9/11/2022).

Eddi pun mengajak para startup Indonesia untuk terus berinovasi. Ketika sudah sukses di dalam negeri, mereka harus segera melakukan ekspansi ke luar negeri.

"Jadi menurut saya langkah pertama memang we are market kita harus terima kenyataan itu tapi kalau startup Indonesia yang dibikin oleh orang Indonesia dan sukses, kita nggak bisa hanya di Indonesia saja. Saya memberi tantangan kepada teman-teman di start up, di unicorns kalian harus ekspansi ke luar negeri," ungkapnya.

Baca juga: Gegara Bakar Sampah, Anak Pimpinan Ponpes di Tambora Dianiaya 2 Satpam

"Jangan start up luar negeri yang masuk ke Indonesia aja. Ya kita start up yang bagus harus keluar negeri," tambah Eddi.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1908 seconds (11.97#12.26)