BEI: Perusahaan Peraih Anugerah CSR IDX 2022 Sudah Penuhi 3P

Kamis, 10 November 2022 - 22:52 WIB
loading...
BEI: Perusahaan Peraih Anugerah CSR IDX 2022 Sudah Penuhi 3P
Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jeffrey Hendrik saat memberikan sambutan dalam acara Anugerah CSR IDX Channel 2022, Rabu (9/11/2022) malam. Foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Program Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang digelar perusahaan hendaknya berdampak positif tak hanya bagi keberlanjutan bisnis tapi juga masyarakat dan lingkungan.

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Jeffrey Hendrik saat memberikan sambutan dalam acara Anugerah CSR IDX Channel 2022, Rabu (9/11) mengatakan, program CSR di perusahaan tak cukup hanya bermodalkan niat saja.

Menurut dia, program kegiatan CSR juga harus mempunyai pedoman yang diikuti oleh perusahaan dalam menjalankan program CSR-nya.

Jeffrey menyontohkan dalam kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh BEI, yakni kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal melalui 3P yakni Punya, Paham dan Pantau.

Sejalan dengan itu, Jeffery mengatakan dalam melakukan kegiatan usaha juga ada pedoman berupa 3P lainnya, yakni Profit (Mendapatkan keuntungan secara finansial), People (cara perusahaan mempengaruhi dan membawa keuntungan bagi pekerja, buruh, dan masyarakat), dan Planet (cara perusahaan berusaha menciptakan bisnis yang selaras dengan alam dan meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan).

"Jadi ternyata kita tidak hanya bisa memperhatikan atau mengutamakan kita sebagai perusahaan. Tetapi juga tentu ada masyarakat dan lingkungan yang harus diperhatikan," ujarnya di Gedung iNews, Jakarta, dikutip Kamis (10/11/2022).

Baca juga: CSR IDX Channel 2022: Program CSR Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Dia menerangkan, 3P digunakan untuk mengukur kesuksesan sebuah perusahaan yang dulunya hanya terpaku pada keuntungan finansial saja. Dengan 3P perusahaan dapat melakukan hal lain dan mengkaji dampak bisnis terhadap lingkungan.

"Dalam menjalankan kegiatan CSR itu tidak hanya butuh niat tetapi juga ada pedoman pedoman yang musti kita ikuti. Ada standar, tata kelola dan banyak hal lainya. Dan bapak ibu yang mendapatkan penghargaan hari ini sudah menjalankan hal itu," tuturnya.

Lebih lanjut Jeffrey berharap kegiatan CSR yang dijalankan perusahaan yang mendapatkan penghargaan Anugerah CSR IDX Channel 2022 dapat memberikan inspirasi kepada perusahaan lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4013 seconds (11.210#12.26)