Harta Karun Migas Ditemukan di Muara Enim, Segini Kandungannya

Jum'at, 11 November 2022 - 19:37 WIB
loading...
Harta Karun Migas Ditemukan di Muara Enim, Segini Kandungannya
Sebuah desa di Muara Enim, Sumatera Selatan diketahui menyimpan cadangan minyak dan gas yang cukup besar diyakini sebesar 1.983 barel per hari (BOPD) dan gas 1,3 juta standar kaki kubik per hari. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi alias SKK Migas kembali menemukan cadangan minyak dan gas baru, di desa Melilian Gelumbang, Kabupaten Muara Enim , Sumatra Selatan.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan menjelaskan, cadangan migas baru itu ditemukan melalui pengeboran sumur Sungai Anggur Selatan-1 (SAS-1), yang dilakukan bersama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Sele Raya Belida.

Baca Juga: Temuan Cadangan Migas Baru di Kalimantan Jadi Bukti Prospek RI Masih Besar

Dari hasil pengeboran tersebut, ditemukan kandungan minyak sebesar 1.983 barel per hari (BOPD) dan gas 1,3 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dengan tekanan tubing 150 psi.

"Kami sudah mengecek dan Sele Raya sudah melakukan flowrate selama 1 jam untuk zona test 1 sumur SAS-1, dan kondisinya sangat bagus," kata Anggono dalam keterangannya, Jumat (11/11/2022).

Dia menambahkan, terdapat potensi penambahan produksi pengeboran hingga mencapai 2000 BOPD minyak, karena tekanan tubing masih meningkat hingga 600 psi. Saat ini, KKKS Sele Raya Belida dengan supporting Divisi Operasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, juga masih melakukan modified isochronal test (MIT) untuk mengetahui flowrate dan perkembangan sumur SAS-1.

Sampai akhir November 2022, SKK Migas dan KKKS Sele Raya Belida akan melakukan perforasi (pelubangan lapisan semen), dan diharapkan bisa mendapat temuan cadangan yang lebih bagus.

"Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah, aparat TNI, Polri, dan stakeholder yang sudah membantu sehingga ditemukan minyak dan gas di wilayah ini," ujarnya.

Baca Juga: Joss, Ditemukan Harta Karun Migas Baru dari Sumatera hingga Ujung Papua

Senada, Kepala Divisi Operasi Pengeboran dan Perawatan Sumur, Surya Widyantoro mengatakan, temuan migas melalui sumur SAS-1 ini merupakan angin segar bagi industri hulu migas, untuk terus melakukan eksplorasi secara masif, agresif, dan efisien.

Pengeboran sumur eksplorasi itu sendiri sudah dilakukan sejak Mei 2022, di mana lokasi pengeboran berada di perbatasan antara dua desa di Muara Enim, Sumatra Selatan.

"Tepatnya yakni di Desa Melilian, Kecamatan Gelumbang, dengan Desa Tapus, Kecamatan Lembak," ujarnya.

(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1622 seconds (10.101#12.26)