Libatkan Ribuan UMKM, Pesta Wirausaha Nasional Akan Digelar di Bandung

Sabtu, 12 November 2022 - 23:43 WIB
loading...
Libatkan Ribuan UMKM, Pesta Wirausaha Nasional Akan Digelar di Bandung
Ilustrasi pameran UMKM. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pesta Wirausaha Nasional untuk pertama kalinya akan digelar di Bandung. Sebelumnya, selama 12 kali penyelenggaraan, ajang pameran UMKM tersebut selalu digelar di Jakarta.

"Ini menjadi sejarah baru karena Pesta Wirausaha Nasional untuk pertama kalinya digelar di luar Jakarta, tepatnya di Bandung," tutur Direktur Pesta Wirausaha TDA 7.0, Roskar dalam pernyataannya, Sabtu (13/11/2022).



Menurut dia selama penyelenggaraan Pesta Wirausaha Nasional, sekitar 6.000 pelaku UMKM terlibat. Untuk penyelenggaraan Pesta Wirausaha Nasional akan diselenggarakan di Kompleks Telkom Corporate University, Geger Kalong, Kota Bandung Bandung, pada 21-22 Januari 2023. Pihaknya menargetkan 4.000 pelaku UMKM menjadi peserta.

"Kami targetkan, sekitar 4.000 UMKM menjadi peserta Pesta Wirausaha Nasional di Bandung ini. Kami berharap, Pesta Wirausaha Nasional 2023 ini menjadi titik kebangkitan para pelaku UMKM pascapandemi," ujar Roskar.

Dia menjelaskan, beragam acara akan dilaksanakan dalam Pesta Wirausaha Nasional yang digelar bertepatan dengan Milad ke-17 TDA ini, seperti Panggung Inspirasi, Kelas Teknis, UMKM Outlook, Art Performance, Pameran/Exhibition, Business Coaching Clinic, Lomba Makan Durian, Entrepreneurun, dan Panggung Hiburan.

Adapun pembicara yang dijadwalkan hadir antara lain Teten Masduki, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Budi Isman, Mohammad Feriadi Soeprapto, AdiwarmanAzwar, Dr. Indrawan, M. Fajrin, Fauzi Rachmanto, Dewa Eka, Nurhayati Subakat, Jaya Setiabudi, RexMarindo, Linda Anggrea, Najib Wahab, Anggara & Rizka, dan Witjaksono.

"Akan ada banyak materi bisnis dan kelas-kelas digital yang bisa peserta ikuti yang disampaikan langsung oleh praktisi ahli ataupun pengusaha lain yang sudah sukses," ungkap Roskar.
Untuk mendapatkan semua manfaat di atas, tambah Roskar, peserta cukup mengeluarkan biaya Rp450.000 untuk pembelian tiket Pesta Wirausaha Nasional selama dua hari. Kabar baiknya, bagi UMKM dan juga khalayak umum bisa mendapatkan harga early bird Rp300.000 yang berlaku untuk pembelian sampai dengan 15 Desember 2022.

Sementara itu, Presiden TDA 7.0, Ibrahim M. Bafagih mengatakan, TDA merupakan komunitas wirausaha terbesar di Indonesia yang resmi berdiri 22 Januari 2006 silam. Saat ini, TDA mempunyai member sekitar 30.000 orang yang tersebar di 102 kota/kabupaten dan 4 negara.

"Gelaran Pesta Wirausaha ini awalnya diberi nama Milad TDA sebagai ajang silaturahmi sekaligus pameran produk para member TDA. Namun, sejak 2010 lalu, namanya berubah menjadi Pesta Wirausaha dan jenis acaranya juga menjadi lebih beragam," ujar Ibrahim. Saat ini, kepengurusan TDA sudah menginjak yang ketujuh.

Di kepengurusan 7.0 ini, pihaknya mengusung tema besar yakni, Digdaya, Digital, dan Berdaya. Lewat tema tersebut, pihaknya mengajak seluruh member dan para pelaku UMKM umumnya untuk melek digital dan mampu berdaya dalam mengarungi iklim ekonomi saat ini dan ke depan.



Pesta Wirausaha Nasional dan rangkaian acara Road to Pesta Wirausaha Nasional ini bisa menjadi ajang untuk menumbuhkan optimisme, meningkatkan kapasitas, serta memfasilitasi para pengusaha agar melek digital dan saling berkolaborasi yang menguatkan.

"Semangat Digdaya ini lahir setelah melihat ada banyak pengusaha yang ternyata mampu bertahan dan bahkan bisa terus bertumbuh pada saat pandemi menghantam Indonesia dua tahun ke belakang," kata Ibrahim.



(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)