3 Penyebab Inflasi Global Saat Ini, Nomor 2 Paling Banyak Disebut

Senin, 14 November 2022 - 13:34 WIB
loading...
3 Penyebab Inflasi Global Saat Ini, Nomor 2 Paling Banyak Disebut
Pasokan gas terganggu akibat perang Rusia-Ukraina sehingga menciptakan inflasi di sejumlah negara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Inflasi menjadi fokus dunia saat ini. Gara-gara inflasi stabilitas ekonomi bahkan politik sebuah negara bisa terganggu.



Bayangkan jika harga makanan pokok melesat tinggi sehingga banyak masyarakat, terutama kalangan bawah, tak akan mampu membeli. Kalau sudah seperti itu, maka bisa mengganggu stabilitas keamanan.

Inflasi juga bisa mengganggu sektor keuangan. Inflasi yang tinggi akan membuat bank sentral menaikkan suku bunganya, yang kemudian diikuti oleh perbankan dengan menaikkan bunga kredit. Bunga kredit yang naik atau semakin tinggi bisa menggangu kemampuan nasabah mencicil utangnya sehingga bisa menimbulkan kredit macet, bahkan membuat bank kolaps.

Secara sederhana, inflasi adalah kenaikan harga jasa dan barang yang terjadi secara terus-menerus sehingga menyebabkan nilai mata uang dan tingkat beli masyarakat semakin menurun dari waktu ke waktu.

Inflasi dapat dikatakan masih tahap ringan apabila persentasenya hanya mencapai 10%. Sementara untuk tingkat inflasi sedang mencapai 10 hingga 30 persen dan yang terberat pada 30 hingga 100% setiap tahun. Apabila inflasi sudah melewati 100% maka disebut hiperinflasi.

Saat ini inflasi tengah melanda sejumlah negara. Turki misalnya, yang didera inflasi hingga 83,45% per September 2022. Angka itu tertinggi sejak 24 tahun terakhir. Amerika juga tak luput dari terjangan inflasi, yang sempat berada di atas 8% meski saat ini sudah turun ke 7,7%.

Di negara-negara dunia ketiga, inflasi malah lebih tinggi lagi, bisa melebihi 100%. Lebanon, Sudan, Zimbabwe, Venezuela, dan Suriah adalah negara-negara yang mengalami inflasi di atas 100%, bahkan ada yang menyentuh 200% (Lebanon).

Banyak penyebab inflasi yang terjadi di dunia, namun saat ini perang Rusia dan Ukraina menjadi paling banyak disebut sebagai penyebab inflasi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sebagian penyebab inflasi yang terjadi di dunia.

1. Pandemi Covid-19
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)