Minim Empati dan Netiket Picu Maraknya Pembajakan Karya di Internet

Rabu, 16 November 2022 - 13:33 WIB
loading...
Minim Empati dan Netiket Picu Maraknya Pembajakan Karya di Internet
Masifnya penggunaan internet dan media sosial (medsos) bisa berdampak positif maupun negatif. Foto/pexels/burst
A A A
JAKARTA - Era industri 4.0 yang menghadirkan kecanggihan internet dan teknologi digital harus dimanfaatkan untuk mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

Masifnya penggunaan internet dan media sosial (medsos) di Indonesia bisa berdampak positif maupun negatif. Jika tak dikelola dengan baik, pengguna bisa kecanduan dan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tak produktif.

Di sisi lain, dampak positif internet antara lain bisa mendorong kreativitas dan kewirausahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan dan menumbuhkan perekonomian nasional.

Sebagaimana diketahui, saat ini pembuatan konten kreatif begitu marak. Berbagai ide dan kreativitas dituangkan ke dalam konten video singkat yang lantas diunggah di medsos.

Ada yang profesional dan menghasilkan cuan, namun tak sedikit masyarakat yang hanya iseng ikut-ikutan ngonten. Hal ini tak terlepas dari karakter internet yang menawarkan kebebasan bagi siapapun untuk berekspresi.

Dalam webinar bertajuk "Candu Medsos, Hati-hati Stress Gara-gara Media Sosial" di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (2/11), Dosen Ilmu Komunikasi Unitomo Surabaya Citra Rani Angga Riswari mengatakan, setiap warga berhak untuk berpendapat dan berekspresi, di mana salah satu sarananya melalui media sosial.

“Meskipun dikatakan bebas, sejatinya kebebasan tersebut tetap memiliki batasan khususnya terkait etika dan pelanggaran hak cipta akan suatu karya,” ujarnya, dikutip Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Begini Sejarah Perkembangan Internet sampai 5G

Patut diingat juga bahwa ada etika berinternet atau netiket yang harus dipegang teguh dan jika melakukan pelanggaran semisal menjiplak suatu karya atau melanggar hak cipta, ada sanksi yang menanti.

Menurut Citra, permasalahan yang kerap muncul di internet dan media sosial umumnya karena banyak warganet yang kurang mengapresiasi karya cipta warganet lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1533 seconds (10.177#12.26)