Ambil BSU di Kantor Pos, Pekerja Senang Prosesnya Cepat cuma 5 Menit

Rabu, 16 November 2022 - 15:03 WIB
loading...
A A A
“Kami berkoordinasi dengan tim cabang, membuka layanan Senin-Minggu, jam 08.00-20.00. Kami juga membuka loket tambahan untuk melayani registrasi aplikasi Pospay untuk mempermudah calon penerima mengecek statusnya apakah terdaftar sebagai penerima atau tidak,” kata Gabriela.

Selain itu, untuk mendukung percepatan penyaluran BSU, tim yang tersedia dibagi menjadi dua, yaitu satgas luar kota dan dalam kota. “KCU Bandarlampung satgas dibagi menjadi dua, yaitu satgas luar kota dan dalam kota. Masing-masing satgas memiliki kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan di masing-masing wilayah. Ada Satgas khusus melayani BSU dan tim yang melayani pelayanan harian,” kata Gabriela.

(Baca juga:Wajib Tahu! Begini Mekanisme Penyaluran dan Pencairan BSU melalui PT Pos Indonesia)

Perihal teknis penyaluran BSU, dijelaskan Gabriela, selain dilakukan di Kantor Pos juga dilakukan dengan penyaluran di komunitas. Hal pertama yang kami lakukan adalah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. “Kami sama-sama menyosialisasikan kepada masyarakat terkait penyaluran BSU ini,” kata Gabriela.

Kemudian, lanjut Gabriela, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Selanjutnya, melakukan persiapan berupa perancangan jadwal. Untuk perusahaan yang memiliki penerima BSU minimal 100 pekerja, pihaknya melakukan metode penyaluran di komunitas. “Kami datang menyalurkan BSU di perusahaan tersebut,” tuturnya.

Jika dibandingkan penyaluran BLT BBM, penyaluran BSU ini memiliki tantangan berbeda. Gabriela mengakui penyaluran BSU di komunitas tak semulus saat penyaluran BLT BBM.

Tantangan BSU, kata Gabriela, saat penyaluran di komunitas ternyata pekerjanya tersebar di beberapa unit, tidak di satu titik lokasi. “Kami dan PIC perusahaan agak ekstra untuk menghubungi pekerja yang bersangkutan. Lebih efektif melalui media sosial atau menghubungi via WhatsApp,” katanya.

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi penyaluran BSU, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi melalui media sosial dan media massa. Sosialisasi melalui media sosial, menggandeng radio, Kominfo, email, dan japri ke PIC. “Kami berharap penyaluran BSU lancar dan tepat waktu. Semoga semua pihak mendapatkan manfaat,” katanya.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris menambahkan pihaknya telah menyalurkan BSU serentak sejak 2 November 2022. PT Pos Indonesia melakukan berbagai strategi agar target penyaluran bisa tuntas sebelum akhir November.

Yaitu dengan melakukan sosialisasi di berbagai media elektronik, online, cetak dan media sosial, menambah waktu pelayanan hingga pukul 20.00 WIB hingga Sabtu dan Minggu di Kantor Pos. “Kami juga menambah petugas atau juru bayar serta mendatangi perusahaan atau komunitas,” kata Haris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)