Kelola Keuangan Keluarga, Ini Saran Pakar Finansial Bagi Para Ayah

Rabu, 16 November 2022 - 20:21 WIB
loading...
Kelola Keuangan Keluarga, Ini Saran Pakar Finansial Bagi Para Ayah
Peran ayah dalam membantu ibu mengelola keuangan keluarga sangat penting. Ilustrasi foto/pexels/rodnae productions
A A A
JAKARTA - Dalam rumah tangga meskipun istri atau ibu kerap dipercaya sebagai bendahara keluarga, peran suami atau ayah juga sama pentingnya dalam manajemen keuangan rumah tangga.

Mengelola keuangan keluarga tentu bukan hal yang mudah. Layaknya berbagai fungsi dan tanggung jawab lainnya dalam rumah tangga, ayah dan ibu juga harus bekerja sama agar pengelolaan keuangan keluarga tetap berjalan dengan ideal.

Oleh sebab itu, walaupun peran ‘menteri keuangan’ keluarga umumnya diemban oleh ibu, kontribusi ayah sangatlah penting dan dibutuhkan agar peran tersebut dapat dijalankan dengan maksimal.

Bertepatan Hari Ayah Nasional pada 12 November lalu, Pakar Perencanaan Keuangan dan CEO Finante.id Rista Zwestika mengajak para ayah untuk membangun praktik pengelolaan keuangan keluarga yang bersinergi dan suportif.

“Sebagai kepala keluarga, ayah tentunya memiliki peranan penting untuk mendampingi ibu dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, serta evaluasi keuangan keluarga,” ujarnya, dikutip Rabu (16/11/2022).



Menurut dia, kolaborasi yang intensif dan kontinu antara ayah dan ibu dalam menjalankan peran menteri keuangan keluarga bukan hanya menghasilkan kondisi keuangan rumah tangga yang lebih sehat, namun juga membawa banyak dampak positif lainnya.

Seperti komunikasi yang lebih baik serta membangun rasa empati satu sama lain dalam menghadapi berbagai tantangan lainnya dalam rumah tangga,” ucapnya.

Bersama platform pembayaran digital ShopeePay, Rista membagikan tips atau kiat bagi para ayah agar semakin kompak mengelola keuangan keluarga bersama ibu. Berikut beberapa saran yang bisa diperhatikan: 

1. Berikan kesempatan untuk memperluas wawasan
Meningkatkan kapasitas diri dan wawasan tentang cara mengelola keuangan keluarga dengan tepat sangatlah dibutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2234 seconds (0.1#10.140)