Akbar Buchari Terpilih Jadi Ketua Umum HIPMI 2022-2025, Anggawira Jadi Penentu Kemenangan

Kamis, 24 November 2022 - 21:27 WIB
loading...
Akbar Buchari Terpilih Jadi Ketua Umum HIPMI 2022-2025, Anggawira Jadi Penentu Kemenangan
Akbar Himawan Buchari secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum BPP HIPMI periode kepengurusan 2022-2025. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SOLO - Setelah melalui proses yang panjang dan alot dalam rapat sidang pleno pemilihan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), akhirnya Akbar Himawan Buchari secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum BPP HIPMI periode kepengurusan 2022-2025.

Mantan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPD) Sumatera Utara tersebut akan menggantikan posisi Mardani H. Maming yang habis masa jabatan pada tahun ini. Sidang pleno yang dihadiri 34 Badan Pengurus Daerah (BPD), di mana masing-masing BPD memiliki lima hak suara, dan menghasilkan dua putaran dari tiga calon ketua umum (caketum).

Pada putaran I, Bagas Adhadirgha mendapat 70 suara, Akbar Himawan Buchari 57 suara dan Anggawira 41 suara dari 168 suara 34 Badan Pengurus Daerah (BPD) dalam voting yang berlangsung Rabu (23/11/2022). Pada putaran II pemilihan, Akbar Himawan Buchari 92 suara unggul 24 suara dari rival kuatnya Bagas Adhadirgha yang mengantongi 68 suara dari 160 suara 34 BPD tepat pada pukul 19.45 WIB.

Baca Juga: Akbar Buchari Resmi Terpilih Jadi Ketua Umum HIPMI Periode 2022-2025

Paket koalisi dari kandidat Akbar Himawan Buchari dan Anggawira untuk memuluskan pemilihan Ketua Umum BPP HIPMI periode 2022-2025, dalam Musyawarah Nasional HIPMI XVII, di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/11/2022). Koalisi ini untuk memperjuangkan HIPMI ke depan dengan spirit yang sudah ada. Dengan adanya dukungan Anggawira memuluskan Akbar menjadi Ketua Umum HIPMI.

Akbar dan Anggawira mengalahkan pesaingnya Caketum Bagas Adhadirgha (Sekretaris Jenderal BPP HIPMI) pada perhelatan Musyawarah Nasional (Munas) HIPMI XVII yang berlangsung pada 21-23 November 2022 di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah. Penentu kemenangan Akbar Himawan Buchari adalah Anggawira, sehingga di putaran kedua Akbar menang telak pada lawannya Bagas Adhadirgha.

"Terima kasih kepada seluruh BPD HIPMI se-Indonesia, ini amanah untuk saya. Dari HIPMI kita lahir, tentu kontribusi nyata juga harus saya ukir untuk HIPMI tiga tahun ke depan," ujar Akbar Himawan Buchari, di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/11/2022).

Sementara Anggawira menyatakan komitmennya membangun HIPMI bersama Akbar. "Kita komitmen membangun HIPMI bersama-sama menjadi garda terdepan dalam lahirkan pengusaha-pengusaha muda baru. Ini komitmen bersama kita besarkan HIPMI," ujarnya.

Untuk diketahui, Akbar Himawan Buchari merupakan pria kelahiran Medan, Sumatera Utara. Kehidupan di masa muda bisa dibilang cukup berbeda dengan anak muda pada umumnya. Ia sudah harus berjibaku dengan serentetan bisnis mulai dari transportasi, perhotelan, perkebunan, properti hingga bidang konstruksi. Otobus Kurnia, Hotel Swiss Bell In Gajah Mada dan Hotel Saka di Kota Medan ia kelola sejak masih muda.

Sejak kepergian ayahnya, Akbar dipaksa keadaan untuk meneruskan posisi ayahnya sebagai pebisnis. Ia berpikir keras dan gigih belajar bisnis meski usianya masih menginjak 10 tahun. Selain sebagai pengusaha, Akbar Himawan Buchari juga menekuni profesi sebagai politisi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1433 seconds (11.210#12.26)