Pos Indonesia Salurkan Tiga Bantuan Sosial secara Bersamaan

Minggu, 27 November 2022 - 21:05 WIB
loading...
A A A
Menurut Nandi, lokasi pembayaran juga tersebar. Ada yang dibayarkan di KCU Denpasar, di KCP, dan terbanyak di komunitas desa atau kelurahan. “Agar penyaluran berjalan baik, kami memperbanyak petugas juru bayar, ada sekitar 10 orang. Kami bagi ada petugas yang khusus mengatur antrean,” kata Nandi.

Selain membayarkan bantuan di Kantor Pos, petugas juga menyalurkan di 11 desa/kelurahan (komunitas) dengan jam yang berbeda. Sebelum berangkat, petugas menyiapkan uang dan berkoordinasi dengan aparat desa/kelurahan, pendamping PKH dan TKSK, serta aparat keamanan.

“Jika kami membayarkan di komunitas, sebelum berangkat kami sudah menyiapkan uang di dalam sampul plastik. Jadi ketika kami membayarkan cukup menghitung ulang dan menyerahkan,” kata Nandi.

Sebelum melakukan pembayaran, kata Nandi, petugas sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial provinsi, kota, dan kabupaten. Pihaknya juga koordinasi dengan desa-desa, desa mana saja yang memungkinkan untuk dibayarkan di kantor desa atau lokasi lain di dalam desa, atau di Kantor Pos.

“Pada penyaluran tersebut didampingi pendamping PKH dan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK). Kalau dibayar di desa dikawal langsung oleh aparat desa,” ujar Nandi.

Untuk mempercepat penyaluran bantuan sesuai jadwal, Nandi mengimbau masyarakat yang telah menerima undangan pengambilan BLT BBM, PKH, maupun BPNT agar segera datang ke Kantor Pos sesuai jadwal.

“Bagi penerima BLT BBM yang belum mengambil sementara jadwal pengambilan sudah lewat, silahkan datang ke Kantor Pos terdekat,” katanya.

Kegiatan penyaluran PKH dan BPNT kepada KPM mendapat pendampingan dari pendamping PKH dan TKSK. Rizky Septiawan, salah satu TKSK Denpasar mengaku senang bantuan PKH dan BPNT kembali disalurkan oleh PT Pos Indonesia. Sebab, PT Pos Indonesia telah teruji cepat dan tepat sasaran penyaluran.

“Dengan bantuan digitalisasi, scan barcode, membantu memudahkan tugas pendamping, mempersingkat waktu sehingga penyaluran lebih cepat,” kata Rizky.

Ia menceritakan alur yang dilalui saat proses penyaluran PKH maupun BPNT. “Setelah undangan diberikan kepada KPM kami berkoordinasi dengan pihak desa terkait wilayah mana saja yang akan didahulukan, melihat jarak dan jumlah. Sehingga tidak terjadi penumpukan antrean,” kata Rizky.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3223 seconds (0.1#10.140)