PT Len Luncurkan Produk Pembaca KTP-el

Rabu, 21 Januari 2015 - 14:20 WIB
PT Len Luncurkan Produk Pembaca KTP-el
PT Len Luncurkan Produk Pembaca KTP-el
A A A
JAKARTA - PT Len Industri (persero) meluncurkan produk terbaru Pembaca KTP-el (pembaca kartu tanda penduduk elektronik) yang akan menunjang layanan publik secara aman, cepat, dan akurat.

"Ini tercipta berkat kerja keras dan dedikasi putra-putra terbaik Indonesia, serta besarnya kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah RI," ujar Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Abraham Mose dalam keterangannya yang dilansir Sindonews, Rabu (21/1/2015)

Abraham menuturkan, Len sebelumnya telah berpartisipasi dalam membangun sistem KTP elektronik di Indonesia, melalui penyediaan perangkat perekaman KTP elektronik (mobile enrollment) di setiap kecamatan di seluruh pelosok Tanah Air.

Dia menerangkan, kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) adalah kartu identitas bagi setiap warga negara Indonesia yang menggunakan teknologi smart card dan biometrik untuk menjamin ketunggalan identitas pemegang.

"Selain terlihat secara visual, data-data pribadi penduduk pada KTP-el juga tersimpan pada chip smart card yang tertanam pada kartu dan hanya dapat diakses secara algoritma tertentu," terangnya.

Selain menyimpan data pribadi kependudukan, KTP-el juga menyimpan biometrik pemiliknya yang dapat diverifikasi dengan menggunakan sidik jari. Sementara pembaca KTP-el adalah alat untuk membaca dan memverifikasi data pribadi penduduk yang tersimpan pada chip KTP-el.

"Dengan menggunakan pembaca KTP-el, KTP-el dapat dibaca dan diverifikasi terhadap pemegangnya untuk memberikan jaminan, bahwa KTP-el tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya oleh pemegang yang berhak," papar Abraham.

Dia menjelaskan, data-data yang terdapat pada KTP-el yang telah terverifikasi dapat dimanfaatkan untuk data entry pada sistem yang lain dengan menggunakan koneksi USB. Aplikasi pendukung dari Pembaca KTP-el dapat digunakan secara langsung atau pun dengan API (Application Programmable Interface) sehingga mampu dimanfaatkan untuk membuat aplikasi yang terhubung dengan back-end sistem pengguna.

"Dimulai dari proses penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan, pengujian laboratorium dan lapangan yang dilakukan ribuan kali oleh tenaga teknik berpengalaman dengan peralatan terbaik. Uji produksi melalui proses kontrol kualitas yang ketat sejak pemilihan material, proses produksi, hingga pengemasan dilakukan dengan dedikasi dan kedisiplinan tinggi oleh para tenaga ahli Len," bebernya.

Kini, produk Pembaca KTP-el PT Len Industri (Persero) siap memasuki pasar untuk mendukung layanan publik dalam pembacaan KTP elektronik. Len juga membangun jaringan distribusi yang kuat, mampu menjangkau seluruh pelosok tanah air, dengan dukungan layanan purna jual yang prima.

Pembaca KTP-el Len dikembangkan dan disiapkan untuk berbagai aplikasi dan dapat dioperasikan secara offline di mana saja. Sehingga memudahkan aktivitas operasional yang membutuhkan verifikasi data KTP elektronik di setiap instansi dengan jaminan akurasi yang tinggi dan menghindarkan dari pemalsuan dan penyalahgunaan KTP elektronik dari orang tidak berhak.

"Dengan demikian, pendataan administrasi di setiap instansi pemerintah akan lebih ringkas dalam pelayanannya. Verifikasi data personal akan lebih akurat bagi setiap perusahaan yang memiliki ribuan karyawan maupun pelanggan. Pda akhirnya, dengan bangga PT Len Industri (Persero) menghadirkan produk Pembaca KTP-el ini untuk membangun layanan publik yang aman, cepat, dan akurat," tandas Abraham.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4025 seconds (0.1#10.140)