Strategi Para Ibu Kelola Keuangan Tetap Stabil Hadapi Resesi Ekonomi

Kamis, 01 Desember 2022 - 21:57 WIB
loading...
Strategi Para Ibu Kelola Keuangan Tetap Stabil Hadapi Resesi Ekonomi
Ibu Rumah Tangga memegang peran yang sangat penting dalam keluarga, terutama dalam hal mengelola keuangan. Dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi, Ibu harus lebih pintar dalam mengatur finansial. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kondisi keuangan keluarga pasca pandemi COVID-19 tampaknya masih menjadi hal yang sangat dikhawatirkan, terutama bagi para Ibu Rumah Tangga. Ditambah lagi dengan adanya ancaman resesi dan perlambatan ekonomi global yang akan terjadi di tahun 2023 mendatang.

Ibu Rumah Tangga memegang peran yang sangat penting dalam keluarga, terutama dalam hal mengelola keuangan. Dalam menghadapi ancaman resesi ekonomi, Ibu harus lebih pintar dalam mengatur finansial dan memilah kebutuhan keluarga. Namun, jangan sampai kebutuhan utama menjadi diabaikan, terutama dalam hal menjaga nutrisi anak melalui makanan sehat.



Asupan nutrisi yang seimbang sangat penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, dimana hal utama yang perlu diperhatikan oleh Ibu dimulai dengan menyediakan makanan yang sehat. Salah satu yang dapat menjadi sumber energi bagi anak saat memulai hari ialah sarapan pagi yang bergizi dan penuh nutrisi, karena dengan adanya nutrisi baik di pagi hari dapat membantu anak dalam menunjang aktivitasnya sepanjang hari.

Hal ini juga disampaikan oleh Yulaika Widhiastuti, Nutritionist Upfield Indonesia bahwa Sejak berada dalam kandungan, bayi sudah membutuhkan asupan gizi terbaik dari ibu dan berlangsung hingga dewasa. Gizi seimbang adalah kunci memberikan asupan tersebut.

"Adapun beberapa zat gizi yang dibutuhkan seperti Omega 3 & 6, Vitamin A & E dan beberapa nutrien lainnya. Asupan omega 3 & 6 yang cukup akan membantu tumbuh kembang anak yang baik, sedangkan kecukupan vitamin A & E, akan membantu pembentukan daya tahan tubuh selama dibarengi dengan asupan gizi seimbang," terang Yulaika.



Di sisi lain, Data dari Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020 mendapati bahwa 66,8 persen anak sarapan dengan kualitas gizi rendah atau belum terpenuhi kebutuhan gizinya terutama asupan vitamin dan mineral. Bahkan 27 persen anak-anak berangkat ke sekolah dalam perut kosong.

“Melihat kondisi saat ini, Blue Band sebagai brand margarin terpercaya sejak 1934 berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak Indonesia. Demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap nutrisi, Blue Band, kini dibanderol dengan harga baru Rp9.900* agar dapat menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia dalam mendapatkan manfaat nutrisi yang terkandung pada Blue Band melalui sajian masakan lezat bergizi untuk keluarga di rumah. Harga yang lebih ekonomis ini juga menjadi upaya Blue Band untuk mengajak orang tua dan anak di Indonesia agar tidak melewati sarapan pagi,” ujar Marketing Director, Upfield Indonesia, Willya Suwito.

Terdapat berbagai makanan pokok yang dapat Ibu jadikan sebagai asupan nutrisi untuk sarapan yang bergizi, dimana dua bahan makanan yang paling sering dikonsumsi dan mudah ditemukan ialah nasi dan telur. Nasi mengandung hingga 130 kalori dalam setiap 100 gramnya dan 53 gram karbohidrat, dimana dengan kandungan ini mampu memberikan energi bagi tubuh.

Sementara telur memiliki kandungan gizi, mulai dari sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut inspirasi resep sarapan sehat dan bernutrisi yang dapat menjadi pilihan Ibu saat menyiapkan sarapan di pagi hari dengan sangat praktis, diantaranya:

1. Telur Tornado ala Korea “Tornado Egg”
Inspirasi resep nasi dan telur lainnya yang juga dapat mengunggah selera anak, Telur Tornado ala Korea. Ibu dapat menyiapkan nasi dan telur dengan tampilan yang lebih menarik ditambah dengan cita rasa margarin Blue Band yang menambah rasa gurih dalam masakan. Ibu juga dapat memberikan topping lainnya seperti sosis/ sayuran kesukaan anak.

2. French Omelette
Menu ini sering dijadikan favorit untuk memulai pagi. Ibu bisa menambahkan sayuran kesukaan si kecil di dalamnya, seperti contohnya wortel.

“Ibu bisa menggunakan Blue Band sebagai pengganti minyak untuk menggoreng telur. Kandungan Omega 3 dan 6 serta diperkaya vitamin dan mineral pada margarin Blue Band penting untuk nutrisi esensial bagi pertumbuhan fisik dan mental,” tambah Yulaika.

3. Omurice
Menu makanan ini cukup identik dengan sarapan, paduan nasi dan telur yang lezat dapat menambah napsu makan anak. Cara memasaknya yang sederhana juga dapat menjadi pilihan Ibu saat tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sarapan.

Sebagai variasi Ibu juga dapat menambahkan daging ayam/sosis dan sayur-sayuran seperti kacang polong atau jagung. Menggunakan margarin Blue Band yang mengandung vitamin A dan E dapat menjadi sumber gizi harian untuk anak.

Ajakan untuk menyiapkan sarapan bernutrisi bagi si kecil merupakan bagian dari misi Blue Band dalam meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya manfaat sarapan bernutrisi bagi anak.

Blue Band sendiri mendorong inisiasi edukasi sarapan bernutrisi setiap pagi ke 350.000 anak Indonesia dan lebih dari 1.500 sekolah SD di tahun 2022, yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi RI dan Kementerian Kesehatan RI. Edukasi mengenai sarapan ini dilakukan kepada anak, orang tua dan guru dalam menyiapkan kebutuhan nutrisi bagi anak.

“Blue Band telah menjadi bagian dari Upfield dan menjadi satu-satunya produk margarin dengan kandungan Omega 3 dan 6 serta diperkaya dengan kandungan 6 vitamin, termasuk A & E yang baik untuk mendukung daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi Omega 3 dan 6 yang ada pada Blue Band ini tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, dimana kedua nutrisi ini memiliki peranan esensial dalam tumbuh kembang anak, maka dari itu upaya melengkapi kebutuhan masyarakat Indonesia akan nutrisi, Blue Band hadir dengan harga Rp 9.900* dalam mendukung masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup,” tutup Wilya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2918 seconds (0.1#10.140)