Kiat Menjadi Dubber dan Voice Over Profesional di Era Digital

Senin, 05 Desember 2022 - 18:26 WIB
loading...
Kiat Menjadi Dubber dan Voice Over Profesional di Era Digital
Announcer Dai Lopez dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan melalui channel YouTube Partai Perindo, Senin (5/12/2022). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pesatnya perkembangan teknologi digital membuka banyak peluang dan ini harus dimanfaatkanuntuk hal produktif terutama oleh generasi milenial yang melek digital.

Seiring meningkatnya penggunaan perangkat digital dan akses internet serta media sosial, pembuatan konten digital juga kian marak. Dalam proses produksi konten iklan digital misalnya, biasanya juga dibutuhkan seorang dubber atau voice over sebagai pengisi suara.

Announcer Dai Lopez memberikan sejumlah tips untuk kaum milenial yang memiliki cita-cita untuk bisa menjual suara sebagai profesi terutama di tengah gempuran teknologi digital.

Baca juga: Terungkap, Ini Alasan Bank Indonesia Terbitkan Rupiah Digital

Menurut dia, salah satu kuncinya adalah mengikuti perkembangan zaman, tahu informasi yang sedang trending atau sedang ramai diperbincangkan di masyarakat.

"Ternyata memang era digitalisasi ini bener-bener kita harus ngikutin, apa yang lagi hype, aku bisa ngembangin dari sisi ini dan itu, akhirnya bisa bertahan sampai sekarang," ujarnya dalam Podcast Aksi Nyata yang disiarkan melalui channel YouTube Partai Perindo, Senin (5/12/2022).

Baca juga: 10 Artis Indonesia yang Pernah Jadi Dubber Film Kartun, Nomor 6 Pengganti Aktor Hollywood Ben Stiller

Menurut dia, jika ingin berkarier di industri dubber ataupun voice over hal terpenting yang harus dilakukan adalah memperbanyak jam terbang dengan terus belajar dan sering praktik. "Intinya memang harus belajar, lebih banyak praktik sih," tandas penyiar di Radio RDI 97.1 FM itu.
(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1950 seconds (11.252#12.26)