Lawan Sanksi Barat yang Batasi Harga Minyak, Rusia Diam-diam Bangun Armada Kapal Tanker

Kamis, 08 Desember 2022 - 13:45 WIB
loading...
A A A
Namun Kennedy mempertanyakan, apakah VLCC akan digunakan oleh Moskow karena ukurannya terlalu besar untuk dimuat di pelabuhan Rusia, bahkan jika beberapa dapat digunakan untuk transfer kapal-ke-kapal. Ia menambahkan, tidak semua kapal yang dibeli oleh pembeli anonim atau asing dapat masuk secara eksklusif ke layanan Rusia.

Rusia masih diramalkan bakal menghadapi kekurangan kapal tanker dan dapat berjuang pada awal bulan di 2023 untuk mempertahankan tingkat ekspornya. Kondisi itu diyakini para analis bisa meningkatkan harga minyak dunia.

Kekurangan itu dapat meningkat ketika larangan UE meluas ke bahan bakar olahan Rusia pada Februari 2023, kata Kennedy. Rusia akan membutuhkan akses ke lebih banyak kapal tanker daripada biasanya karena panjang setiap perjalanan akan lebih lama; minyak yang sebelumnya dijual di Eropa akan dikirim ke pembeli baru di Asia.

Braemar memperkirakan kekurangan Rusia antara 700.000 dan 1,5 juta barel per hari. Sedangkan Rystad memperkirakan, Rusia akan kekurangan 60 hingga 70 kapal tanker, dan memperkirakan ekspor lintas laut akan turun sekitar 200.000 barrels per day (b/d).

"Total volume Rusia yang hilang ke pasar pada akhirnya dapat mencapai 600.000 b/d jika Moskow membalas dengan memotong pasokan minyak yang mengalir melalui pipa ke Eropa - yang tidak dikenakan sanksi - sebelum memiliki cukup kapal tanker untuk mengalihkannya," kata Rystad.

"Rusia membutuhkan lebih dari 240 kapal tanker untuk menjaga ekspornya saat ini agar tetap mengalir," kata Viktor Kurilov, analis di Rystad.

Kennedy di Harvard Davis Centre menambahkan: "Anda dapat membuat segala macam skema cerdas, tetapi ada begitu banyak minyak untuk dipindahkan - mereka akan selalu berjuang untuk beroperasi pada skala yang diperlukan untuk menjaga ekspor Rusia tetap utuh".

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)