Rekrutmen 4 Posisi Jabatan Pimpinan Tinggi IKN Nusantara Dibuka Akhir 2022, Intip Kriterianya!

Kamis, 08 Desember 2022 - 22:03 WIB
loading...
Rekrutmen 4 Posisi Jabatan Pimpinan Tinggi IKN Nusantara Dibuka Akhir 2022, Intip Kriterianya!
Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya segera menyiapkan skenario perekrutan empat posisi Jabatan Pimpinan Tinggi IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya segera menyiapkan skenario perekrutan empat posisi Jabatan Pimpinan Tinggi IKN . Lantaran, pembukaan seleksi akan dilakukan pada akhir 2022.



Adapun empat posisi jabatan Pimpinan Tinggi IKN yang disiapkan di antaranya Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, dan Deputi Bidang Sarana dan Prasarana.

Ketua Panitia Seleksi JPT Madya Otorita IKN, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pada pekan ini tim panitia seleksi akan melakukan pertemuan pertama dengan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN untuk membahas proses perekrutan tersebut.

"Prosesnya, minggu ini rencananya kita akan membuat rapat pertama, pertemuan pertama dari tim lengkap dari. Dan pertama kita juga harus mendengarkan apa yang menjadi aspirasi dari baik Kepala maupun Wakil Kepala Otorita IKN," ungkap Bambang saat ditemui di kawasan Djakarta Theater, Kamis (8/12/2022).



Meski skenario masih dalam tahap penggodokan, Bambang menilai calon pejabat IKN itu akan buka secara terbuka atau berlaku bagi non ASN. Dia memastikan pihaknya memberi kesempatan bagi siapapun untuk mengisi empat posisi tersebut.

Pertimbangan tersebut berdasarkan para calon pemimpin IKN Nusantara yang memiliki kepekaan terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Bahkan bisa mewujudkan impian agar IKN menjadi kota yang bisa diandalkan di dunia.

"Kita belum putuskan, tapi kalau preferensi saya, berpengalaman cukup lama di pemerintah, akan lebih baik terbuka, karena bukannya kita tidak memperhatikan potensi yang ada di birokrasi," tutur dia.

Tak hanya itu, kriteria lain bagi mereka yang ingin mencalonkan diri untuk mengisi empat posisi Jabatan Pimpinan Tinggi IKN harus memiliki kemampuan manajerial, bisa membangun hubungan yang baik dengan semua stakeholder baik pemerintah pusat dan daerah.

Kemudian memiliki rekam jejak sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Hingga mempunyai integritas yang tinggi. "Saya yakni di antara putra-putri terbaik bangsa, pasti ada yang bisa memenuhi kriterianya," kata Bambang.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)