Mowilex Konsisten Bantu Pemerintah Mencapai Karbon Netral di 2060

Rabu, 07 Desember 2022 - 23:19 WIB
loading...
Mowilex Konsisten Bantu Pemerintah Mencapai Karbon Netral di 2060
Mowilex mendukung proyek energi terbarukan angin Burgos di Filipina. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Mowilex Indonesia (Mowilex) salah satu produsen cat di Indonesia, yakni meraih sertifikasi CarbonNeutral keempatnya secara berturut-turut dari Climate Impact Partners. Sertifikasi tersebut didapatkan setelah menyelesaikan evaluasi Protokol Gas Rumah Kaca (GHG) global.

"Sebagai perusahaan yang beretika, kami tahu biaya tersembunyi dari polusi lebih besar dari biaya dan tantangan untuk melakukan hal yang benar," kata CEO Mowilex Indonesia Niko Safavi dalam pernyataannya, Rabu (6/12/2022).



Menurut dia perusahaan secara konsisten menjadi perusahaan manufaktur pertama yang tersertifikasi netral karbon di Indonesia. Selama 2022 Pihak perusahaan memperoleh sertifikasi ke-4 tersebut dengan mencatat pengurangan dan kompensasi karbon yang signifikan selama periode 12 bulan.

Kondisi yang mulai pulih, di mana kegiatan bekerja di kantor dimulai kembali serta adanya perjalanan bisnis pascapandemi, sedikit meningkatkan total karbon perusahaan dibanding tahun sebelumnya. Dia mengatakan sertifikasi netral karbon keempat berturut-turut yang didapat menunjukkan komitmen perusahaannya terhadap lingkungan dan masyarakat.

Head of Sustainability Mowilex Tania Wakhidah Ariningtyas menjelaskan dengan mengurangi emisi, Mowilex turut membantu Indonesia mencapai target 25 persen energi terbarukan pada 2030 dan nol karbon pada 2060. "Kami juga mendukung kompensasi karbon di negara berkembang, melalui dua proyek yang disertifikasi oleh Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim," kata Tania.

Di perkebunan SPM Thailand, sistem pengolahan air limbah yang efisien menurunkan emisi metana sambil menangkap biogas yang menjadi bahan bakar mesin penghasil listrik. Adapun di Proyek Angin Burgos, ladang angin terbesar di Filipina, ada 50 turbin yang menghasilkan listrik bersih, menciptakan lapangan kerja, sekaligus mempromosikan pendidikan lingkungan.

"Sertifikasi Netral Karbon perusahaan Mowilex yang keempat ini menunjukkan konsistensi kepemimpinan mereka dalam ruang berkelanjutan. Karena mereka berdedikasi setiap tahun untuk meniadakan jejak karbonnya dengan proyek kompensasi yang bermanfaat bagi lingkungan,” ujar Manajer Layanan Global SCS Dave Jonas, penyedia layanan sertifikasi netral karbon.



Lebih lanjut, Safavi mengatakan kalau pihaknya bangga menjadi manufaktur bersertifikasi netral karbon pertama di pasar produsen cat. "Kami juga senang melihat perusahaan cat pemula yang menguraikan strategi nol emisi. Kami berharap perusahaan lainnya akan mengikuti jejak kami. Untuk menciptakan perubahan yang lebih langgeng, kita memang harus mengutamakan lingkungan," tutup Safavi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)