Sukses Adu Konsep di Meet The Boss, Indra Purwidiyanto Raih Capital Champion WMM 2022

Sabtu, 10 Desember 2022 - 19:00 WIB
loading...
Sukses Adu Konsep di Meet The Boss, Indra Purwidiyanto Raih Capital Champion WMM 2022
Indra Purwidiyanto yang dinobatkan sebagai Capital Champion. (Foto: dok MPI/Aldhi Chandra Setiawan)
A A A
JAKARTA - Ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 akhirnya sampai di puncak acara. Babak Grand Final Meet The Boss yang digelar di Ritz Carlton pada Kamis (8/12/2022) menobatkan Indra Purwidiyanto pemilik usaha Naruna dari kategori Kreatif sebagai juara pertama atau Capital Champion. Kemeriahan malam puncak WMM 2022 semakin terasa dengan penampilan dari grup band Kahitna dan Juicy Luicy.

Naruna keramik merupakan usaha di bidang kriya keramik yang memproduksi keramik dari bahan material 100 persen lokal dengan desain khas Indonesia. Usaha milik Indra ini memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Saat ini, Naruna telah memiliki kurang lebih 30.000 customer di dalam dan luar negeri dengan omzet yang sudah bisa mencapai Rp2 miliar.

“Alhamdulillah banget, terima kasih Tuhan, keluarga, teman, family Naruna. Nggak nyangka sih bisa sampe ke tahap ini, pesertanya WMM ini hebat-hebat, keren-keren, kita sebenernya udah nggak kayak kompetisi, kayak keluarga. Jadi, ini kemenangan bukan hanya buat saya, tapi buat semuanya,” ucap Indra Purwidiyanto.

Pria asal Salatiga yang memulai usahanya sejak 2018 ini mengatakan, jika pencapaiannya saat ini tidaklah mudah. Indra bercerita, untuk memulainya berawal dari tidak memiliki apa-apa, di garasi, sampai sewa kos-kosan dengan halaman yang dijadikan sebagai tempat produksi. Sampai saat ini, masih menyewa di lapangan besar.

Dengan pendanaan yang didapat, Indra ingin memfasilitasi sentra agar sentra-sentra bisa kembali bangkit dan nantinya dapat mengekspor ke 25 negara, sesuai dengan mimpi Naruna.

Babak Meet The Boss mempertemukan Top 4 dengan empat dewan juri atau The Boss, di antaranya Direktur Utama PT Bank Mandiri, Tbk Darmawan Junaidi, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN Tedi Bharata, Presiden Direktur Medco Energy sekaligus Duta Kopra Hilmi Panigoro, dan Public Figure sekaligus Entrepreneur Christian Sugiono.

Di babak ini, Grand Finalis atau Top 4 mengenalkan usaha mereka serta omzet yang diraihnya dalam waktu 90 detik. Setelah itu, mereka ditanya oleh para juri mengenai rencana dan kematangan bisnis mereka, Top 4 diberi waktu 60 detik untuk menjawab. Pertanyaan dari The Boss dijawab dengan lugas dan percaya diri. Seperti Indra Purwidiyanto yang mengaku tidak kesulitan saat menjawab pertanyaan.

Tak heran, jika para juri mengaku kesulitan untuk memutuskan siapa yang akan menjadi pemenang. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, jika penentuan Capital Champion sulit sekali untuk menentukan pembeda dari empat inisiatif yang sudah diusung oleh empat finalis.

“Memang, kalo kita lihat opportunity ke depan sangat besar, baik itu financing langsung dari bmri ataupun mungkin juga memanfaatkan ekosistem nasabah-nasabah yang ada di Bank Mandiri, tentunya ini sangat terbuka bagi keempatnya dan menjadi besar. Tidak hanya itu, mungkin secara jangka panjang potensial menjadi usaha yg sukses di masa depan,” tuturnya.

Setelah melakukan diskusi, The Boss menobatkan Indra Purwidiyanto (Naruna, kategori Kreatif) sebagai Capital Champion dengan hadiah sebesar Rp290.000.000,- Dian Prayogi (Habibi Garden, kategori Sosial) sebagai juara kedua dengan hadiah Rp255.000.000,- Posisi ketiga ditempati oleh Alvin Tanto (3Dprint.ID, kategori Teknologi) dengan hadiah Rp180.000.000,- dan Benita Selian (Smoothie Theory, kategori Boga) yang menempati posisi keempat dengan hadiah Rp75.000.0000,-
Sukses Adu Konsep di Meet The Boss, Indra Purwidiyanto Raih Capital Champion WMM 2022

(Foto: dok MPI/Aldhi Chandra Setiawan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2597 seconds (0.1#10.140)