Jalur KA Makassar-Parepare jadi Capaian Penting Pembangunan Perkeretaapian di 2022

Selasa, 13 Desember 2022 - 08:20 WIB
loading...
Jalur KA Makassar-Parepare jadi Capaian Penting Pembangunan Perkeretaapian di 2022
Calon penumpang menunggu kereta di stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Arsip Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Pembangunan jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare sepanjang 144 km menjadi salah satu capaian penting Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini.

Pada proyek pembangunan jalur KA pertama di Sulawesi Selatan, DJKA juga membangun tujuh stasiun baru di sepanjang jalur tersebut yang sudah dilakukan uji coba pengoperasian terbatas sejak Oktober 2022.

Dalam acara “Ngobras: Ngobrol Bareng Komunitas Kereta Api”, Senin (12/12), Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menyampaikan, pembangunan jalur KA Makassar-Parepare merupakan salah satu dari berbagai capaian DJKA di tahun ini.

“Berkat dukungan masyarakat, tahun ini kami juga telah meresmikan modernisasi Stasiun Jatinegara, Stasiun Cikarang, pengoperasian jalur ganda Bogor-Sukabumi untuk ruas Bogor Paledang-Cicurug, serta pengoperasian Stasiun Matraman sebagai salah satu stasiun baru yang dibangun oleh DJKA,” bebernya, dikutip Selasa (13/12/2022).

Risal melanjutkan, tahun 2022 juga menjadi tahun yang penting bagi pengembangan Stasiun Manggarai. Pada tahun ini, telah dilakukan dua kali switch over sebagai rangkaian tahapan pembangunan di stasiun yang berada di Jakarta Selatan ini.



Meski sempat terjadi pro dan kontra selama pembangunan berlangsung, Risal optimistis bahwa pengembangan Stasiun Manggarai nantinya akan membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Kami memohon maaf jika selama pembangunan berlangsung, terdapat penyesuaian-penyesuaian yang menimbulkan ketidaknyamanan. Kami juga ingin berterima kasih atas kesabaran dan pengertian terhadap proses pembangunan yang berlangsung. Insha Allah kenyamanan yang dikorbankan hari ini akan menuai hasil yang baik di kemudian hari ketika nanti pembangunan Stasiun Manggarai sepenuhnya selesai,” paparnya.

Risal menambahkan, tahun ini DJKA juga telah berhasil menyelesaikan pembangunan jalur KA Tebing Tinggi - Kuala Tanjung untuk ruas Tebing Tinggi - Lalang.

“Alhamdulillah pada tanggal 2 Desember 2022 kemarin telah dilakukan soft launching KA Datuk Blambangan yang akan melayani masyarakat untuk lintas Tebing Tinggi - Lalang,” terang dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)