Pemerintah Terus Dorong Perusahaan Lokal Berkiprah di Kancah Global

Selasa, 13 Desember 2022 - 16:53 WIB
loading...
Pemerintah Terus Dorong Perusahaan Lokal Berkiprah di Kancah Global
Pelaku usaha migas lokal sangat terbantu dengan peran pemerintah di pameran global. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pelaku usaha migas mengapresiasi pelaksanaan pameran yang diinisiasi oleh SKK Migas dan Direktorat Jenderal Migas di ADIPEC. Pameran itu membuahkan memorandum of understanding (MoU) antara PT Daeshin Flange Fitting Industri dengan Fluxion Steel Pte Ltd sebagai mitra strategis untuk penjualan di Asia dan Middle East.



"Hal ini menjadi pencapaian dan kebanggaan tersendiri, bahwa dukungan pemerintah dalam menumbuhkembangkan kemampuan nasional telah memberikan efek pengganda sehingga mampu bersaing di tingkat internasional," ungkap James Leo, direksi PT Daeshin, dalam keterangannya, Selasa (13/12/2022).

Selain itu, kata James, komitmen kerja sama tersebut juga membuktikan anak bangsa mempunyai kompetensi yang mumpuni sehingga bisa menjangkau pasar global di era kompetisi yang super-ketat. "Tentunya tidak lepas dari program pembinaan yang dilakukan SKK Migas dan Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM," pungkas James.

Seperti diketahui Indonesia kembali berpartisipasi di ajang Abu Dhabi International Petroleum and Conference (ADIPEC) 2022. Ajang ADIPEC 2022 ini diselenggarakan pada 31 Oktober – 3 November 2022 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sementar itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim dan juga industri dalam negeri yang terlibat di ADIPEC 2022. "Ke depan, kita berharap Industri penunjang hulu migas Indonesia mendapatkan kepercayaan lebih untuk dapat mendukung proyek dan operasi hulu migas di tingkat global," ungkap Tutuka.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menambahkan, kehadiran Indonesia Pavilion bisa memberikan dampak terhadap penguatan industri penunjang dalam negeri, yang bermuara pada peningkatan capaian tingkat komponen dalam negeri (TKDN) serta multiplier effect di Indonesia.

"Pemerintah terus memperkuat peran perusahaan dalam negeri di seluruh pelaksanaan aktivitas industri hulu migas. Komitmen ini tidak berhenti sekadar memenuhi kebutuhan dalam negeri, namun juga mempromosikan kemampuan industri lokal sebagai penunjang hulu migas di level global,” katanya.



ADIPEC 2022 menyediakan platform untuk bertukar ide, dan mendiskusikan tantangan global terbaru yang mempengaruhi pasar energi. Termasuk juga tantangan pasokan energi, hingga solusi masa depannya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)