Mayoritas Pengangguran Lulusan SMA ke Atas, Ini Penyebabnya

Kamis, 15 Desember 2022 - 08:46 WIB
loading...
Mayoritas Pengangguran Lulusan SMA ke Atas, Ini Penyebabnya
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah mengungkapkan, saat ini penambahan angkatan kerja paling banyak berasal dari tingkat pendidikan SMP. Namun, jumlah pengangguran terbanyak justru lulusan SMA sederajat ke atasnya.

Menurut Ida, profil angkatan kerja Indonesia lulusan SMP ke bawah mencapai 56%. Akan tetapi pengangguran banyak terjadi pada jenjang pendidikan, SMA, SMK, Diploma, hingga Sarjana. Dia menilai kondisi ini disebabkan oleh mismatch ketenagakerjaan.

Hal tersebut disampaikan Menaker saat meresmikan Gedung Pusat Administrasi dan Aula Serbaguna "Tridharma" (Polteknaker Politeknik Ketenagakerjaan) di Jakarta, Rabu (14/12).

Ida menuturkan, yang dapat menjawab tantangan ketenagakerjaan di Indonesia adalah dengan mismatch antara supply dan demand pasar kerja melalui Polteknaker.

"Poltenaker ini hadir untuk menjawab itu, kebutuhan link and match, mengurangi semaksimal mungkin adanya mismatch, sehingga semakin ke sini kita bisa mengatakan bahwa output lembaga pendidikan tinggi semakin sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," ungkapnya dikutip dari siaran pers, Kamis (15/12/2022).



Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menambahkan, pembangunan gedung Pusat Administrasi dan Serbaguna bertujuan melengkapi berbagai fasilitas Polteknaker.

Sehingga, Polteknaker benar-benar dapat menghadirkan layanan maksimal dalam hal layanan pendidikan, layanan penelitian, hingga layanan pengabdian masyarakat.



"Melalui SDM yang kuat, kelembagaan dan cara kerja yang efisien dapat membawa kita untuk menjadi institusi yang modern, berkualitas, dan semakin maju," bebernya.

Sekadar informasi polteknaker merupakan perguruan tinggi vokasi di bawah naungan Kemnaker yang memiliki tiga Program Studi yaitu D-IV Relasi Industri, D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan D-III Manajemen Sumber Daya Manusia. Tercatat ada 330 mahasiswa aktif mengikuti perkuliahan.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)