Kabar Buruk Bagi Rusia, Kunjungan Xi Jinping ke Riyadh Mempererat Hubungan China-Arab Saudi

Jum'at, 16 Desember 2022 - 23:23 WIB
loading...
Kabar Buruk Bagi Rusia, Kunjungan Xi Jinping ke Riyadh Mempererat Hubungan China-Arab Saudi
Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman menyambut Presiden China Xi Jinping di Riyadh, Arab Saudi. Foto/Dok Reuters
A A A
RIYADH - Pertemuan Pemimpin China , Xi Jinping dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada pekan lalu diyakini bisa menjadi kabar buruk bagi Rusia . Dimana pertemuan keduanya di Riyadh untuk membahas perdagangan minyak mentah dan masalah lainnya.

Tepatnya pada 9 Desember 2022, pemimpin Arab Saudi dan China bertemu di Riyadh, untuk menjadi kunjungan pertama Xi Jinping ke Arab Saudi sejak 2016. Xi Jinping dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman sering bertemu dan menandatangani sejumlah kesepakatan yang secara luas bertujuan untuk menyelaraskan agenda pembangunan jangka menengah kedua negara.



Mulai dari Jalur Sutera Modern China dan Visi Saudi 2030. Inti dari hubungan China-Saudi adalah minyak. Meski tidak disebut secara rinci soal kesepakatan minyak selama pertemuan tersebut, tetapi pertemuan Riyadh jelas merupakan kesempatan bagi kedua negara untuk memperkuat hubungan perdagangan energi mereka yang sudah berlangsung lama.

Arab Saudi merupakan pemasok utama minyak ke China, dan China adalah pelanggan minyak terbesarnya. Dimana Beijing mengimpor minyak mentah Saudi senilai USD 43,9 miliar pada tahun 2021.

Namun sekarang ada beruang di antara mereka yakni Rusia. Di masa normal, Rusia dan negara-negara OPEC seperti Arab Saudi melihat minyak secara langsung dan berbagi niat untuk melawan Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Ketika Presiden AS Joe Biden mengunjungi Arab Saudi pada bulan Juni untuk mendorong OPEC meningkatkan produksi minyaknya, Arab Saudi memilih untuk mempertahankan produksinya tetap stabil.



Hal itu memperkuat posisi Rusia, pada saat ekspor minyaknya dihujani sanksi karena perang Ukraina. Keputusan Arab Saudi membuat negara lain sulit untuk menolak minyak Rusia. Tak heran hal itu juga menyebabkan hubungan AS dan Saudi memburuk.

Rusia dan OPEC Berebut bisnis di China
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)