Pemenang Pertapreneur Aggregator Garap Pasar Domestik dan Internasional

Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:36 WIB
loading...
Pemenang Pertapreneur Aggregator Garap Pasar Domestik dan Internasional
Tak hanya lokal, para mitra binaan Pertamina pemenang Pertarpeneur Aggregator Program 2022 diarahkan untuk menembus pasar internasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mitra binaan PT Pertamina (Persero) yang menjadi pemenang Pertarpeneur Aggregator Program 2022 terus berkolaborasi dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM) lain mengembangkan produknya guna menembus pasar internasional dan domestik. Caranya dengan memperkuat pemasaran lewat digital marketing dan peluncuran lini bisnis baru yang sesuai dengan kondisi pasar yang dituju.

"Salah satu kekuatan yang dikembangkan Asia Garment adalah penggunaan digital marketing sebagai sarana penjualan yang saat ini belum menjadi perhatian serius UMKM lain. Selain itu, kami berkolaborasi dengan UMKM lain dalam memenuhi pesanan buyer. Kolaborasi selain membantu meningkatkan kapasitas produksi, meningkatkan omzet, juga menjadi lebih efisien dari segi waktu dan harga," kata Direktur Asia Garment Internasional Nurhayati Aisyah, Jumat (23/12/2022).



Asia Garment menjadi juara pertama Pertapreneur Agregator Program 2022 yang digagas Pertamina dan diumumkan saat penutupan SMEXPO Pertamina. Sementara juara kedua disabet pemilik usaha Bali Honey Ismail Marzuki dan pemenang ketiga pemilik usaha Bakmi Mbah Hardjo Bambang Tri Mulyono. Sedang Meeta Fauzan dari CV Almira menjadi juara harapan pertama sementara juara harapan dua diraih Ni Made Roni dari Made Tea.

Aisyah mengaku masih membutuhkan berbagai sertifikasi untuk memenuhi permintaan dari pasar internasional. Dia berharap Pertamina terus mendukung UMK mitra binaannya mendapatkan berbagai sertifikasi. “Pembinaan melalui program mentoring yang terus menerus juga sangat bermanfaat bagi kami dan mudah-mudahn program dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga membantu UMKM menjadi makin berkembang," ujarnya.

Sebagai pemenang Pertrapreneur Aggregator, Nurhayati sekaligus akan menggarap pasar ekspor dan pasar domestik. Untuk konsumen di dalam negeri, Asia Garment akan mengembangkan produk di segmen pasar baju muslim wanita. "Pertimbangan utamanya adalah dengan mayoritas penduduk Muslim yang besar, ceruk pasarnya masih sangat luar biasa," katanya.

Ismail Marzuki, pemilik usaha Bali Honey, menuturkan saat berpartisipasi pada salah satu ajang pameran internasional, dia ditemui calon buyer dari Timur Tengah yang meminta dikirimkan madu sebanyak dua kontainer ukuran 40 feet setiap bulan. "Terus terang saya belum bisa menjawabnya. Ini tantangan ke depan kalau saja dibimbing Pertamina dan kami diberikan fasilitas untuk tumbuh bersama, bukan tidak mungkin sebelum 2028 Bali Honey sudah bisa menjawab peluang ekspor karena madu Indonesia sudah terkenal dengan keanekaragaman rasa, warna dan sebagainya. Tidak semua negara punya itu," katanya.



Vice President CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan bahwa diperlukan UMKM agregator untuk bisa menjadi network collaboration dari mitra binaan Pertamina sebagai upaya percepatan pertumbuhan UMKM di Indonesia serta mendorong dan meningkatkan kapasitas SDM melalui digitalisasi. "Kolaborasi yang dilakukan antar mitra binaan diharapkan bisa dirancang secara matang sehingga benar-benar menguntungkan kedua belah pihak baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang," imbuhnya.

Melalui Program Pendanaan UMK, lanjut Fajriyah, Pertamina menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi nasional maupun lokal. Upaya itu mendukung pertumbuhan berkelanjutan dengan mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan go global.

"Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui implementasi program-program berbasis Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab lingkungan dan sosial demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)