Jurus MIND ID Jadi Mesin Penggerak Hilirisasi Nasional

Jum'at, 23 Desember 2022 - 18:55 WIB
loading...
Jurus MIND ID Jadi Mesin Penggerak Hilirisasi Nasional
Holding Industri Pertambangan di Indonesia, MIND ID, menjalankan mandat pemerintah dan menjawab tantangan sebagai pemain kunci dari hilirisasi di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Memainkan peran penting dalam hilirisasi dan energi hijau, Holding Industri Pertambangan di Indonesia, MIND ID , menjalankan mandat pemerintah dan menjawab tantangan sebagai pemain kunci dari hilirisasi di Indonesia. Salah satunya dalam mempercepat ekosistem Electric Vehicle (EV), kendaraan listrik berbasis baterai.



Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso mengatakan, bahwa MIND ID kini mendorong seluruh operasional bisnisnya hingga tahap hilirisasi.“Kami bersama-sama, memetakan dan memikirkan seluruh produksi dari komoditas tambang ini hingga menjadi produk hilirisasinya, agar benefit dan manfaatnya bisa dimaksimalkan untuk bangsa Indonesia,” ujarnya.

Salah satu bentuk nyata program dalam mendorong hilirisasi adalah melalui dibangunnya Top Submerge Lance (TSL) Ausmelt Furnace oleh PT Timah Tbk, sebagai upaya untuk mendorong hilirisasi mineral timah . Dari yang tadinya hanya bisa mengolah konsentrat bijih timah kadar tinggi (>70%), diharapkan mampu mengolah konsentrat bijih timah dengan kadar rendah mulai dari 40% Sn.

Selain itu, teknologi ini juga mampu menekan cost produksi sehingga lebih bisa bersaing dengan produk timah international serta lebih safety, dan menerapkan teknologi yang ramah lingkungan karena dilengkapi dengan Hygiene Sistem dan Wastewater Treatment.

Untuk menjawab energi hijau, MIND ID melalui PT INALUM (Persero) telah menggunakan PLTA sebagai energi primer dalam seluruh pengolahan produksi aluminiumnya. PT INALUM (Persero) saat ini juga tengah menjalankan studi untuk pengembangan perluasan Brownfield Smelter yang berada di Kuala Tanjung, Sumatera Utara.



Hasil dari studi ini diharapkan dapat menduplikasi produksi Inalum. Dengan konsumsi energi yang sama, Teknologi smelter ini dapat menghasilkan double capacity per tahunnya. Hal ini juga sebagai bentuk keandalan dan ketersediaan kebutuhan aluminium nasional.

Program strategis yang dijalankan MIND ID ini menjadi salah satu kontribusi besar Indonesia untuk dunia. Tak heran, jika MIND ID keluar sebagai 30 Perusahaan yang mampu mengubah dunia versi majalah Fortune (Fortune Indonesia Change The World 2022).

“Terimakasih untuk semua anggota Grup MIND ID yang telah berkomitmen untuk mempercepat program hilirisasi di Indonesia. Harapannya agar apa yang kita kerjakan sekarang memberi manfaat yang maksimal untuk bangsa Indonesia, baik untuk saat ini maupun masa mendatang,” tutup Hendi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)