Pelaku UMKM di Daerah Antusias Sambut Momen Libur Nataru 2023

Senin, 26 Desember 2022 - 13:57 WIB
loading...
Pelaku UMKM di Daerah Antusias Sambut Momen Libur Nataru 2023
Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 kali ini disambut antusias oleh pelaku UMKM daerah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 kali ini disambut antusias oleh pelaku UMKM daerah. Pasalnya dengan memanfaatkan libur Nataru, bisa mendongkrak omzet UMKM berkali-kali lipat dari situasi normal.

"Geliat UMKM memanfaatkan libur Natal ini tentu sangat antusias. Kebetulan saya ini lagi perjalanan ke Jawa tengah, saya bisa melihat sendiri dari arus mudik atau orang-orang yang berpergian sangat-sangat ramai sekali. Tentu ini akan menjadi pangsa pasar bagi UMKM," ujar Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta , Sarman Simanjorang saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (26/12/2022).



Lanjutnya pada situasi seperti ini, UMKM daerah yang paling terasa dampak positifnya. Sebab, mereka bisa menjajakan makanan dan souvenir khas daerahnya yang sebelumnya sulit mereka jual. Selain itu, pelaku usaha rumah makan dan kafe juga turut mendapat angin segar. Lantaran banyak pemudik atau wisatawan yang menyempatkan waktu untuk mengisi perut dan dahaga mereka.

"Itu akan menjadi pangsa pasar bagi masyarakat dari kota yang berpergian ke daerah maupun destinasi wisata. Jadi saya yakin omzet mereka naik berkali-kali lipat karena ini. Ini juga peluang yang cukup bagus karena hampir dua tahun setiap libur Nataru itu kan masih terbatas," imbuh Sarman.



Kemudian, keyakinan Sarman juga terdorong dari jumlah orang yang melakukan perjalanan edisi Nataru tahun ini. Adapun jumlah yang dirilis oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencapai 47 juta orang. Angka ini naik drastis dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 19 juta orang.

Sarman menambahkan, saat ia berkunjung ke Banyumas pada Jumat (23/12), dia melihat tempat wisata Baturaden sangat ramai pengunjung. Dari situ ia memprediksi saat menjelang Tahun Baru 2023 nanti jumlah kunjungan tempat wisata tersebut akan jauh lebih meningkat.

"Jumat yang lalu saya sempat mampir ke Banyumas kita sampai di Baturaden, di sana banyak sekali UMKM mulai menjual Sovenir, makanan khas daerah kemudian juga hiburan hiburan kecil di sana banyak sekali dan sangat ramai. Padahal itu kan baru hari Jumat, saya bisa bayangkan kalau jelang tahun baru nanti saya yakin itu pasti akan lebih ramai," tutupnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2849 seconds (0.1#10.140)