Stasiun Manggarai Bisa Tekan Kerugian Rp65 Triliun per Tahun Akibat Kemacetan Jakarta

Selasa, 27 Desember 2022 - 20:30 WIB
loading...
Stasiun Manggarai Bisa Tekan Kerugian Rp65 Triliun per Tahun Akibat Kemacetan Jakarta
Stasiun Manggarai bisa mengurangi kemacetan Jakarta. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pembangunan transportasi massal telah tertuang dalam Major Project Sistem Angkutan Umum di enam wilayah metropolitan. Keenamnya meliputi Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang dan Makassar.



Dengan diresmikannya Stasiun Manggarai Tahap I, diharapkan mampu mengurangi kerugian akibat kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta. Stasiun Manggarai merupakan stasiun sentral KRL di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Pembangunan stasiun Manggarai ditargetkan dapat memisahkan antara kereta api jarak jauh dengan kereta api commuter dan meningkatkan kapasitas sejumlah stasiun.

"Major Project ditetapkan salah satunya bertujuan untuk mengurangi dampak ekonomi yang ditimbulkan kemacetan. Dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat kemacetan di Jakarta sebesar Rp65 triliun per tahun," kata Suharso dikutip dari akun Instagramnya, Selasa (27/12/2022).

Dia menuturkan, di lima wilayah metropolitan lainnya, kerugian akibat kemacetan ditaksir mencapai Rp12 triliun. Di samping itu, pembangunan angkutan umum juga bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan, karena tingkat emisi kendaraan di wilayah metropolitan sangatlah tinggi.



Pembangunan Stasiun Manggarai juga diharapkan dapat meningkatkan waktu perjalanan dari 7 menit menjadi 3 menit, meningkatkan jumlah penumpang menjadi 2 juta per hari dan meningkatkan jumlah KRL dari 400 menjadi 800 per hari.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)