Raih PROPER Emas Bukti Keseriusan Bio Farma Mengelola Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Kamis, 29 Desember 2022 - 15:57 WIB
loading...
Raih PROPER Emas Bukti Keseriusan Bio Farma Mengelola Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
Komitmen holding BUMN farmasi, Bio Farma dalam mengembangkan potensi masyarakat berbuah Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) kategori emas. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Komitmen holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) farmasi, Bio Farma dalam mengembangkan potensi masyarakat berbuah Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan atau PROPER kategori emas untuk ke tujuh kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.



Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Senior Executive Vice President (SEVP) Human Capital dan Compliance Bio Farma Disril Revolin Putra di Istana Wapres pada Kamis.

"Komitmen Bio Farma dalam menciptakan kemandirian masyarakat sangat tinggi, hal ini terbukti dari keseriusan Bio Farma yang mampu mengembangkan potensi peternak milennial di Cikalong Wetan untuk dijadikan sebagai 'agent of change' di wilayah Cikalong Wetan, khususnya dalam dunia peternakan" kata Disril.

Peringkat Emas merupakan peringkat tertinggi dalam penilaian PROPER. Dari 3.200 perusahaan yang dinilai, sebanyak 51 perusahaan mendapatkan kategori "Emas", 170 perusahaan mendapat kategori "Hijau", 2.031 perusahaan mendapatkan kategori "Biru", 887 perusahaan mendapatkan kategori "Merah", dua perusahaan mendapat kategori "Hitam" dan sebanyak 59 tidak diumumkan karena dalam proses penegakan hukum dan tidak beroperasi.

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi yang dianugerahkan kepada perusahaan yang terbukti melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

"Tidak hanya itu, keberhasilan Implementasi Program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Bio Farma melalui skema CSV (Creating Share Value) ini, mampu mengembangkan potensi masyarakat peternak di wilayah Cikalong Wetan, serta dapat mendukung suplai rumput ke Bio Farma sebagai pakan kuda yang diperlukan oleh perusahaan sebanyak 4,5 ton per minggu," tambah Disril.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa 25 tahun, PROPER telah ditujukan untuk mendorong agar setiap aktivitas bisnis industri lebih dari sekedar pemenuhan ketaatan terhadap peraturan lingkungan hidup.

"Bagi dunia usaha, PROPER sekaligus menjadi 'platform' untuk melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. Kriteria penilaian proper setiap tahun semakin kompleks mengikuti kebutuhan dan tuntutan zaman," kata Wapres Ma'ruf.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)