Dukung Entrepreneur Muda, Proporsi Kredit UMKM BRI Tembus Rp852 Triliun

Minggu, 01 Januari 2023 - 11:08 WIB
loading...
Dukung Entrepreneur Muda, Proporsi Kredit UMKM BRI Tembus Rp852 Triliun
BRI konsisten mempertajam fokus pembiayaan pada sektor UMKM sebagai tulang punggung utama bisnis perseroan. Ilustrasi foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI konsisten mempertajam fokus pembiayaan pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tulang punggung utama bisnis perseroan.

Hal ini tercermin dari proporsi kredit UMKM BRI yang telah menyentuh 84,20% atau setara Rp852,12 triliun dari total kredit Rp1.111,48 triliun hingga kuartal III/2022.

Sejalan dengan upaya menumbuhkembangkan UMKM, BRI menyelenggarakan program akselerasi bisnis Pengusaha Muda BRILian (PMB) 2022.

Program yang berlangsung sejak Mei 2022 itu telah berakhir dan terdapat tiga pengusaha muda yang menjadi pemenang PMB 2022.

Mereka adalah Melie Indarto dari KaIND (Juara 1), Henti Nikimawati dari Nana Baby Carrier (Juara 2), dan Erwin Jogiosaputra dari Ppuff! (Juara 3). Ketiga entrepreneur muda tersebut telah berkompetisi dengan 1.330 UMKM pendaftar dari berbagai wilayah Indonesia.



Direktur Bisnis Kecil, dan Menengah BRI Amam Sukriyanto menyatakan, perseroan senantiasa mendorong pemberdayaan untuk membantu pelaku UMKM naik kelas. Dukungan pemberdayaan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing UMKM dan memperluas pasar dengan go global.

Menurut Amam, BRI juga melihat bahwa terdapat beberapa peserta yang sebenarnya telah mencicipi persaingan pasar mancanegara dengan jenis produk seperti rendang, batik tulis, ataupun kain songket yang tentunya membawa citra positif produk Indonesia di mata dunia.

"Melalui program ini, kami dorong peserta lain untuk juga mengikuti jejak tersebut dengan memasuki persaingan pasar global yang tentunya akan lebih kompetitif,” ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Minggu (1/1/2023).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)