Banjir Ganggu Perjalanan Kereta Api, KAI Minta Maaf dan Alihkan Rute

Minggu, 01 Januari 2023 - 14:14 WIB
loading...
Banjir Ganggu Perjalanan Kereta Api, KAI Minta Maaf dan Alihkan Rute
Stasiun Semarang Tawang tergenang banjir. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api (KA) sejak 31 Desember 2022 hingga Minggu pagi ini yang disebabkan banjir di Semarang dan sekitarnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, curah hujan yang sangat tinggi sejak Sabtu dini hari menyebabkan banjir menggenangi sejumlah titik jalur kereta api dan aktivitas di Stasiun Semarang Tawang.

"Pantauan pagi ini, hujan masih terjadi dan air masih menggenangi Stasiun Semarang Tawang setinggi 20 cm. Kemudian pada jalur KA di antara Stasiun Semarang Tawang - Alastua di km 2+2 s.d 4+6 jalur hilir ketinggian air mencapai 28 cm, sedangkan di km 2+4 s.d 4+4 jalur hulu ketinggian air yaitu 26 cm," paparnya melalui keterangan tertulis, Minggu (1/1/2023).

Menurut dia, bencana alam tersebut berakibat pada pelayanan penumpang di Stasiun Semarang Tawang hingga saat ini dialihkan ke Stasiun Semarang Poncol.

Adapun perjalanan KA yang akan melintasi wilayah tersebut akan dilakukan rekayasa operasi seperti pengalihan perjalanan, memutar melewati jalur selatan yaitu Stasiun Solo Balapan. Upaya lainnya adalah menggunakan lokomotif khusus untuk melewati jalur yang tergenang.

Pihaknya bersama seluruh stakeholders terus berupaya sebaik mungkin untuk dapat segera menormalkan jalur KA dan operasional kereta api.

"Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api. KAI terus berupaya untuk mengurangi kelambatan yang terjadi sehingga perjalanan kereta api dapat kembali normal," bebernya.



Untuk perjalanan KA dengan tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi, pihaknya akan tetap mengupayakan untuk melewati jalur utara.

“Sedangkan untuk perjalanan KA selain tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi akan dialihkan via jalur selatan melalui Stasiun Solo Balapan dan Cirebon," terang dia.

Berikut adalah daftar KA yang direncanakan akan memutar melalui jalur selatan:
1. KA Matarmaja 281/282 Malang - Pasar Senen pp
2. KA Brantas tambahan 7033a/7034a Blitar - Pasar Senen pp
3. KA Brantas reguler 109a/110a Blitar - Pasar Senen pp
4. KA Majapahit 251/252a Malang - Pasar Senen pp
5. KA Brawijaya 73a/74a Malang - Gambir pp

Menurut Joni, hingga kini sejumlah perjalanan KA masih mengalami keterlambatan akibat banjir tersebut. KAI telah memberikan Service Recovery bagi pelanggan yang terdampak sesuai aturan yang berlaku.

KAI juga memberikan kompensasi berupa pengembalian tiket hingga 100% di luar bea pesan dengan masa pembatalan maksimal 7 hari sejak jadwal keberangkatan KA.

Khusus untuk pelanggan yang akan naik KA dari Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol namun terhambat perjalanannya akibat banjir juga berhak mendapatkan pengembalian tiket 100%.

“Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanannya terganggu akibat banjir yang terjadi,” ucapnya.



Joni menambahkan, saat ini KAI tengah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi jalur sehingga dapat dilalui kembali oleh perjalanan kereta api.

Perseroan telah menerjunkan petugas jalan rel dan jembatan untuk memperbaiki jalur yang terendam, mengerahkan sarana penolong untuk mempercepat proses penanganan, dan mengoperasikan pompa-pompa air untuk mengurangi debit air yang ada di stasiun.

“Seluruh petugas sedang berupaya semaksimal mungkin agar dapat mengurangi keterlambatan perjalanan dan menormalisasi kembali perjalanan KA,” pungkas Joni.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1796 seconds (0.1#10.140)