Barito Pacific Tambah Kepemilikan Aset Panas Bumi Fokus Kembangkan EBT

Senin, 02 Januari 2023 - 12:15 WIB
loading...
Barito Pacific Tambah Kepemilikan Aset Panas Bumi Fokus Kembangkan EBT
Barito Pacific menambah kepemilikan pada aset operasional geothermal Wayang Windu, Salak dan Darajat. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Barito Pacific Tbk (BRPT) menambah kepemilikan pada aset operasional geothermal Wayang Windu, Salak dan Darajat. Hal itu dilakukan dengan melakukan akuisisi tambahan pada saham Star Energy Geothermal Pte. Ltd. (SEGPL) dan Star Phoenix Geothermal JV BV (SPG).

"Itu merupakan bagian dari langkah kami untuk mendukung Indonesia mencapai tujuan net zero emission serta semakin mengukuhkan Barito Pacific sebagai salah satu perusahaan energi terdepan di Indonesia," kata Presiden Direktur Barito Pacific Agus Salim Pangestu, melalui pernyataannya, Senin (2/1/2023).



BPPT telah menyelesaikan transaksi pembelian 30% saham SEGPL dan 30,25% saham SPG pada Desember 2022. Rangkaian transaksi akuisisi itu dilakukan perseroan lewat anak usahnya, Star Energy Group Holdings Pte. Ltd. (SEGHPL).

Dengan rampungnya transaksi tersebut, kepemilikan efektif Barito Pacific atas aset operasional Wayang Windu meningkat dari 40% menjadi 60% serta kepemilikan efektif atas aset operasional Salak dan Darajat meningkat dari 34,5% menjadi 50,7%. Dia mengatakan penambahan kepemilikan sejalan dengan fokus perseroan pada sektor energi baru terbarukan.



SEGWW memiliki dan mengoperasikan PLTG Wayang Windu dengan total kapasitas terpasang 227MW berlokasi di kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sedangkan SEGSD memiliki dan mengoperasikan PLTG Salak dan Darajat dengan total kapasitas terpasang 377MW dan 271MW berlokasi di kabupaten Sukabumi dan kabupaten Garut, Jawa Barat. Sebagai informasi, Barito Pacific menjalankan investasi di sektor energi baru terbarukan melalui PT Barito Renewables yang memiliki 100% saham di SEGHPL.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1851 seconds (0.1#10.140)