Mendag Zulhas: Bulog Siap Beli Beras Petani Mulai Maret 2023

Jum'at, 06 Januari 2023 - 12:30 WIB
loading...
Mendag Zulhas: Bulog Siap Beli Beras Petani Mulai Maret 2023
Mendag Zulkifli Hasan memastikan mulai Maret 2023 Bulog akan menyerap beras petani setelah impor dihentikan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) memastikan mulai bulan Maret 2023 Bulog sudah tidak lagi mendistribusikan beras impor melainkan wajib membeli dari petani dengan harga yang terbaik. Sebelumnya, pemerintah melakukan kebijikan impor beras guna mencukupi stok di dalam negeri.

"Jadi Maret nanti Bulog tugasnya berapapun beli dari masyarakat dengan harga terbaik bukan harga paling tinggi atau murah itu, tapi harga yang paling bagus," ujar Mendag Zulhas kepada awak media di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (6/1/2023).



Dengan demikian, menurut dia, tidak ada pihak yang dirugikan. Masyarakat miskin bisa mendapat beras subsidi sementara petani mendapat harga yang mahal. "Jadi dua-duanya untung. Kalau dulu yang miskin dapat beras murah tapi yang berkorban petani, ini tidak terjadi lagi," kata Zulhas.

Dia menambahkan saat ini pemerintah menghabiskan stok impor yang sudah masuk ke Indonesia periode Desember untuk didistribusikan ke pasaran. Jika stok bulan Desember habis, baru akan dilanjutkan pengiriman impor untuk Januari.



"Beras itu kan sudah saya jelaskan berkali-kali, Desember kalau nggak salah baru 70.000 ton yang masuk dan Bulog stoknya juga dihabiskan jadi kita kasih waktu sampai Januari. Januari nanti nggak tahu bisa dapat berapa, tapi Februari terakhir sudah tidak boleh lagi (impor) karena Maret sudah panen," jelasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5933 seconds (0.1#10.140)