Rupiah Sore Ini Perkasa Lawan Dolar AS, Pelaku Pasar Sambut Revisi PP DHE

Kamis, 12 Januari 2023 - 16:58 WIB
loading...
Rupiah Sore Ini Perkasa Lawan Dolar AS, Pelaku Pasar Sambut Revisi PP DHE
Nilai tukar rupiah menguat tajam 143 point atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore ini, Kamis (12/1/2023). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah menguat tajam 143 point di level Rp 15.338 atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore ini, Kamis (12/1/2023). Penguatan mata uang Garuda juga terlihat pada data JISDOR Bank Indonesia (BI).

Dimana tercatat kurs rupiah sore ini bertengger pada level Rp 15.366 per USD. Terlihat rupiah tampil kokoh menjelang akhir pekan dibandingkan sesi kemarin pada posisi Rp 15.527/USD.



Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan rupiah ini dipicu oleh sikap pelaku pasar yang merespons positif kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Devisa Hasil Ekspor (DHE).

"Pelaku pasar merespon positif kebijakan itu. Salah satunya soal aturan beberapa lama devisa parkir di dalam negeri dan ada beberapa sektor baru masuk ke dalam daftar yang harus menempatkan DHE di dalam negeri," ujar Ibrahim dalam keterangannya.

Dengan keluarnya PP tersebut maka komoditas unggulan yang sekarang sedang menanjak harganya seperti batubara, timah dan nikel, maka dolar AS hasil ekspor akan terparkir di bank dalam negeri. Efeknya mata uang rupiah akan kembali perkasa.

"Sedangkan sebelumnya dollar AS hasil ekspor parkir di bank luar negeri yang mengakibatkan mata uang rupiah terus melemah walaupun data Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) terus membaik serta cadangan devisa juga terus meningkat," tambahnya.



Ibrahim menerangkan, sebelumnya dalam PP yang masih berlaku, setiap Penduduk dapat dengan bebas memiliki dan menggunakan Devisa. Namun khusus Devisa berupa Devisa Hasil Ekspor (DHE) Sumber Daya Alam, wajib dimasukkan ke dalam sistem keuangan Indonesia.

"Sementara itu, kewajiban eksportir untuk memasukkan DHE SDA ke dalam sistem keuangan Indonesia sebagaimana dimaksud, dilakukan melalui penempatan DHE SDA ke dalam Rekening Khusus DHE SDA pada Bank Yang Melakukan Kegiatan Usaha dalam Valuta Asing," jelasnya.

Adapun penempatan DHE SDA dalam Rekening DHE SDA sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, wajib dilaksanakan paling lama pada akhir bulan ketiga setelah bulan pendaftaran pemberitahuan pabean Ekspor.

Di samping itu, Ibrahim memprediksi, untuk perdagangan besok, Jumat (13/1) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp 15.300 - Rp 15.400.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)