Sempat Alot, Deputi Gubernur BI Terpilih Doni P. Joewono Akhirnya Dibawa ke Paripurna

loading...
Sempat Alot, Deputi Gubernur BI Terpilih Doni P. Joewono Akhirnya Dibawa ke Paripurna
Deputi Gubernur BI terpilih Doni Primanto Joewono. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menetapkan Doni P. Joewono sebagaiDeputi Gubernur Bank Indonesia (BI)baru periode 2020-2025 menggantikan posisi Erwin Rijanto yang masa jabatannya telah berakhir Juni lalu. Restu legislatif tersebut diperoleh melalui proses aklamasi di Komisi XI DPR kemudian akan dilanjutkan ke Badan Musyawarah DPR dan diumumkan melalui rapat paripurna.

"Tadi diambil kesepakatan dan telah diputuskan dari 54 orang dari fraksi DPR, masing-masing partai menyepakati dan memilih Doni P Joewono sebagai Deputi Gubernur BI," ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga di Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Secara Aklamasi, Doni Primanto Duduki Kursi Deputi Gubernur BI

Dia mengungkapkan pengambilan keputusan cukup alot karena melibatkan berbagai anggota fraksi. Namun pada hari ini telah terjadi keputusan resmi bahwa deputi terpilih akan segera menjalankan tugasnya.



"Jujur saja sejak hari Rabu kami belum mendapatkan kesepakatan dan telah memberikan kesempatan kepada semua partai sampai hari ini diputuskan bagaimana sesuai mekanisme pemilihan," ungkapnya.

Erico menyebut keputusan tersebut diambil dengan 14 anggota komisi yang hadir mewakili 9 kapoksi dengan masing-masing meyampaikan pendapat dan penilaiannya terhadap tiga kandidat calon deputi gubernur BI di antaranya, Juda Agung, Aida S. Budiman dan Doni Primanto Joewono. Dari ketiga nama tersebut terpilihlah Doni P. Joewono sebagai Deputi Gubernur BI baru masa jabatan 2020-2025 karena dianggap lebih unggul dan mempuni memegang amanah menjadi deputi baru.
(nng)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top