40,5 Persen Kekayaan India Dikuasai Hanya 1% Miliarder, Ketimpangan Jadi Sorotan

Selasa, 17 Januari 2023 - 07:07 WIB
loading...
A A A
"India sayangnya berada di jalur cepat untuk menjadi negara hanya untuk orang kaya," kata CEO Oxfam India Amitabh Behar.

"Negara ini terpinggirkan - Dalit, Adivasis, Muslim, perempuan dan pekerja sektor informal terus menderita dalam sistem yang memastikan kelangsungan hidup orang terkaya," paparnya.

Orang kaya saat ini, disebut juga dalam laporan tersebut mendapat manfaat dari pengurangan pajak perusahaan, pembebasan pajak, dan insentif lainnya.

Untuk memperbaiki disparitas ini, lembaga non profit, Oxfam meminta menteri keuangan untuk menerapkan langkah-langkah pajak progresif seperti pajak kekayaan dalam anggaran mendatang.

"Pajak 2% atas seluruh kekayaan miliarder India akan mendukung nutrisi populasi negara yang kekurangan gizi selama tiga tahun ke depan," kata laporan itu.

"Pajak kekayaan 1% dapat mendanai Misi Kesehatan Nasional, skema perawatan kesehatan terbesar di India selama lebih dari 1,5 tahun," tambahnya.

Memajaki 100 miliarder India teratas sebesar 2,5% atau mengenakan pajak kepada 10 miliarder India teratas sebesar 5% hampir akan menutupi seluruh jumlah yang diperlukan untuk membawa sekitar 150 juta anak kembali ke sekolah, kata Oxfam.

"Mengenakan pajak kepada orang super kaya diperlukan untuk "mengurangi ketidaksetaraan dan menyadarkan demokrasi", kata Direktur Eksekutif Oxfam International, Gabriela Bucher.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)