BRI-Kemenhub Kerja Sama Kelola PNBP Online

Selasa, 26 Mei 2015 - 14:50 WIB
BRI-Kemenhub Kerja Sama Kelola PNBP Online
BRI-Kemenhub Kerja Sama Kelola PNBP Online
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dalam pengelolaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang terintegrasi secara real time online dengan Sistem PNBP Online (Simponi), Direktorat Jenderal Anggaran Kemenkeu.

Hal itu sesuai dengan PMK Nomor 32/PMK.05/2014 tentang Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik.

BRI merupakan bank pertama yang memberikan layanan real time online host to host di Kemenhub dan berkomitmen mendukung penuh layanan PNBP secara online melalui jaringan unit kerja operasional BRI di seluruh pelosok Indonesia.

Corporate Secretary Bank BRI Budi Satria mengatakan, ‎‎dengan dukungan unit kerja BRI dan jaringan e-channel di seluruh Indonesia, BRI siap mendukung program-program pemerintah, khususnya Kemenhub dalam melakukan pengelolaan PNBP, yang terintegrasi dengan sistem BRI secara real time online.

"‎Sinergi antara BRI dan Kementerian Perhubungan telah terjalin sejak lama dan diperkuat dengan nota kesepakatan bersama tentang penyediaan dan pemanfaatan jasa layanan perbankan di lingkungan Kementerian Perhubungan," kata dia dalam rilisnya di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Bagi BRI, lanjut Budi, ini merupakan hal ymembanggakan karena BRI dapat ikut berperan aktif dalam mendukung Kementerian Perhubungan dalam mengelola sekaligus mendukung pencapaian target penerimaan negara dari sektor PNBP.

Menurutnya, layanan PNBP BRI tidak hanya untuk satu jenis PNBP saja, masyarakat pengguna jasa dapat melakukan pembayaran semua jenis PNBP Kementerian Perhubungan.

Bagi Kementerian Perhubungan, dengan menggandeng Bank BRI merupakan langkah yang tepat karena BRI telah mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai bank pelopor modul penerimaan negara (MPN) generasi 2.

Dia mengungkapkan, perseroan telah memiliki unit kerja sebanyak 10.410 kantor serta layanan e-channel BRI sebanyak 158.324 unit, antara lain ATM, EDC, internet banking dan cash management system (CMS) BRI yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pengguna jasa Kemenhub.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4826 seconds (0.1#10.140)