HSBC Holdings Akan Pangkas Ribuan Karyawan

Selasa, 02 Juni 2015 - 20:05 WIB
HSBC Holdings Akan Pangkas Ribuan Karyawan
HSBC Holdings Akan Pangkas Ribuan Karyawan
A A A
HONG KONG - Berdasarkan sumber, Sky News melaporkan bahwa HSBC Holdings berencana memangkas ribuan karyawan atau tenaga kerjanya secara global.

Menurut sumber itu, Chief Executive HSBC Holdings Stuart Gulliver akan mengumumkan rencana tersebut pada 9 Juni mendatang, dalam pertemuan dengan investor.

Mengutip orang dalam, Sky News mengabarkan bahwa ada sekitar 10.000-20.000 tenaga kerja akan dirumahkan.

"Namun mengenai jumlah tepatnya belum bisa dipastikan dan akan diumumkan minggu depan," imbuh sumber tersebut seperti dilansir dari Reuters, Selasa (2/6/2015).

Sementara HSBC menolak untuk mengomentari laporan Sky. Adapun suku bunga rendah dan peraturan ketat telah memberi imbas negatif terhadap HSBC dalam beberapa tahun terakhir.

Akibatnya, Gulliver telah melepas 77 unit bisnis sejak kepemimpinannya lebih dari empat tahun lalu. Pada Februari, dia mengatakan, bisnis di Turki, Brasil, Meksiko dan Amerika Serikat perlu diperbaiki atau bahkan dijual.

HSBC berencana menjual bisnisnya di Brasil dan Gulliver diharapkan dapat menjelaskannya pada 9 Juni mendatang, begitu juga dengan bisnis di Turki yang merugi dan bisnis di AS maupun Meksiko.

Sky mengatakan, pemangkasan tenaga kerja yang akan diumumkan pada 9 Juni tidak akan mencakup dampak dari setiap binsis bank di Brasil dan Turki.

Beberapa investor dan analis mengatakan, restrukturisasi investasi HSBC lebih lambat dibanding saingannya. Gulliver dinilai perlu memangkas suku bunga dan bisnis kredit.

Gulliver juga diharapkan memberikan rincian lebih lanjut pada pekan depan apakah HSBC harus memindahkan kantor pusatnya dari London, dengan kemungkinan besar ke Hong Kong. Itu mengingat kantor pusat sebelumnya berada di Hong Kong sebelum dipindahkan ke London pada 1993.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4910 seconds (0.1#10.140)