Jokowi Tegaskan Pertemuan dengan Bos IMF Tak Bahas Utang

Selasa, 01 September 2015 - 19:08 WIB
Jokowi Tegaskan Pertemuan dengan Bos IMF Tak Bahas Utang
Jokowi Tegaskan Pertemuan dengan Bos IMF Tak Bahas Utang
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pertemuannya dengan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde tidak membicarakan soal pinjaman atau utang.

Pertemuannya hanya fokus mengenai kondisi ekonomi global yang harus diantisipasi Indonesia. Menurutnya, meski saat ini Indonesia membutuhkan aliran dana masuk (capital inflow) yang besar untuk meningkatkan cadangan devisa, namun pertemuan tersebut sama sekali tidak menyinggung mengenai hal tersebut.

"Tidak ada (pembahasan soal utang). Tidak ada mengenai itu (kerja sama untuk tingkatkan capital inflow)," kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, untuk meningkatkan aliran dana masuk ke Indonesia, caranya tidak dengan kerja sama atau penarikan pinjaman dari IMF. Melainkan dengan meningkatkan investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI).

"Kalau kita, yang kita ingin untuk capital inflow ya foreign direct investment. Bukan yang lain," ujar Jokowi. (Baca: Ketemu Jokowi, Bos IMF Ingatkan Guncangan Ekonomi Global)

Senada dengan Jokowi, Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki juga membenarkan bahwa pertemuan tersebut sama sekali tidak membahas mengenai pinjaman atau utang Indonesia kepada IMF.

"Jadi kita tidak ada membahas soal utang. Tidak ada negosiasi utang. Mereka hanya menilai ekonomi Indonesia sudah bagus," pungkas Teten.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4023 seconds (0.1#10.140)