Sentimen Tak Kuat, Rupiah Diprediksi Bakal Melemah

Jum'at, 04 September 2015 - 08:41 WIB
Sentimen Tak Kuat, Rupiah Diprediksi Bakal Melemah
Sentimen Tak Kuat, Rupiah Diprediksi Bakal Melemah
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini diperkirakan bakal melemah lagi jika sentimen yang ada tidak cukup kuat mendukung apresiasi.

"Dengan melihat laju mata uang regional yang cenderung masih melemah dan laju pasar obligasi yang cenderung turun maka dapat mempengaruhi laju rupiah yang berpeluang melemah jika sentimen yang ada tidak cukup kuat menahan sentimen negatif," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (4/9/2015).

Karena itu, dia menyarankan, pelaku pasar perlu mewaspadai jika sentimen yang ada kurang positif. Reza memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp14.172-Rp14.172/USD.

Sementara posisi rupiah kemarin berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI pada level Rp14.160/USD, melemah 33 poin dari posisi sebelumnya di level Rp14.127/USD.

Kemarin, tidak adanya sentimen positif pada pasar valas dalam negeri membuat laju rupiah masih dalam tekanan jual. Adanya rilis peningkatan MBA mortgage applications dan perbaikan akan ADP employment change serta nonfarm productivity AS memberikan sentimen positif pada laju USD.

Di sisi lain, masih berlanjutnya pelemahan pada sejumlah mata uang regional seiring belum kuatnya data-data yang dirilis membuat laju rupiah pun ikut tenggelam ke zona merah.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4434 seconds (0.1#10.140)