Selain Tiket Pesawat, Garuda Kini Tawarkan Hotel

Jum'at, 12 Februari 2016 - 17:36 WIB
Selain Tiket Pesawat, Garuda Kini Tawarkan Hotel
Selain Tiket Pesawat, Garuda Kini Tawarkan Hotel
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Arif Wibowo mengatakan, pihaknya sekarang tidak hanya menjual tiket pesawat, namun juga hotel di bawah pengawasan perseroan Kementerian BUMN. Hal ini setelah bersinergi dengan PT Hotel Indonesia Natour, PT Aerowisara dan Patra Jasa.

"Dengan sinergi ini, berarti peluang melakukan penjualan cross selling, kita tidak hanya menjual tiket pesawat tapi juga hotel. Kalau tadinya Garuda Group hanya dengan Garuda hotel saja, sekarang seluruh hotel di bawah BUMN bisa di lavarage value-nya, sehingga bisa menjual lebih banyak paket dan opsinya," jelasnya di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Meski bisa meraup revenue tinggi dari peluang tersebut, namun besar kecilnya kontribusi bisnis hotel ke Garuda tergantung size. Sekarang ini, secara absolute number, terkonsolidasi ke Aerowisata.

"Jadi, hotel ini termasuk yang besar setelah Aerowisata. Tapi yang penting sinerginya dulu, karena sinergi tidak terkait masalah ownership," ujar dia.

Karena, lanjut Arif, jika satu aset yang bisa dikelola oleh satu sektor kompetensi yang andal atau kredibel itu akan meningkatkan revenue. Misalnya, aset bisa saja milik Garuda, milik Pertamina atau yang lain, tapi manajemennya di kendalikan oleh yang kompeten mengatur hotel.

"Yang penting proses managing secara profesional sesuai unit usahanya, ini bisa create value yang lebih tingi. Kalau ini mau dilepas dari satu BUMN ke BUMN lain lebih ke arah struktur aset dan modalnya saja," pungkasnya.

Baca: Dorong Potensi Wisata, BUMN Pariwisata Jalin Sinergi
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3718 seconds (0.1#10.140)