Jokowi Klaim Rupiah Perkasa Berkat Keampuhan Paket Ekonomi

Kamis, 10 Maret 2016 - 14:11 WIB
Jokowi Klaim Rupiah Perkasa Berkat Keampuhan Paket Ekonomi
Jokowi Klaim Rupiah Perkasa Berkat Keampuhan Paket Ekonomi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) yang terjadi beberapa hari terakhir ini, merupakan efek dari keampuhan paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah. Rupiah memang semakin menguat, bahkan sempat berada pada level Rp12.900 per USD.

(Baca: Rupiah Kokoh Saat Euro Tertekan Jelang Pertemuan ECB)

Dia mengatakan, penguatan ini menjadi sinyal bahwa berbagai kebijakan dan paket deregulasi yang dikeluarkan pemerintah, Bank Indonesia (BI), ataupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) direspons positif oleh investor dan dunia usaha. Sehingga, arus uang yang masuk (capital inflow) semakin besar.

"Paket deregulasi yang kita berikan juga kebijakan yang ada di BI dan OJK direspons positif oleh dunia usaha, oleh investasi, sehingga ada arus uang masuk, arus modal masuk, capital inflow. Otomatis dia akan semakin menguat," katanya di Kawasan Cakung, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Kendati penguatan ini juga merupakan sumbangsih dari faktor eksternal, namun menurutnya, jika tidak didorong dengan paket deregulasi maka tidak akan ada pengaruhnya. "Dua-duanya (internal dan eksternal). Kalau kamu enggak melakukan deregulasi enggak akan pengaruh," imbuh dia.

Mantan orang nomor satu di DKI Jakarta ini mengaku tidak mengetahui sampai kapan mata uang Garuda akan terus menguat. Namun, selama kebijakan yang dikeluarkan pemerintah direspons positif maka akan berdampak pada penguatan rupiah.

"Kita berusaha mengendalikan (nilai tukar rupiah) mau minta kan enggak bisa. Kalau mereka melihat yang kita lakukan ini baik mereka akan merespons positif. Kita enggak bisa minta berapa-berapa enggak bisa. Ada faktor eksternal ada faktor internal," tandas Jokowi.

(Baca: IHSG Tepar, Rupiah Siang Ini Dekati Level Rp12.000/USD)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4566 seconds (0.1#10.140)