OJK Imbau Perbankan Tidak Egois

Jum'at, 29 April 2016 - 15:08 WIB
OJK Imbau Perbankan Tidak Egois
OJK Imbau Perbankan Tidak Egois
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengimbau seluruh perbankan untuk tidak hanya mementingkan aktivitas dagang perusahaannya (proprietary tradings).

Menurutnya, berdasarkan hasil survei yang dilakukan OJK menunjukkan bahwa aktivitas proprietary tradings dalam pasar valuta asing lebih dominan.‎ Meski demikian, dia tidak mau menyebutkan bank mana yang lebih mengutamakan kegiatan proprietary tradings ketimbang menjalankan fungsinya sebagai lembaga intermediasi.

"Hasil surveillance yang kami lakukan menunjukkan bahwa aktivitas proprietary tradings dalam pasar valuta asing yang dilakukan beberapa bank nampak lebih dominan dibanding peran bank-bank tersebut sebagai lembaga intermediasi," ujar Muliaman di Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Padahal, fungsi intermediasi perbankan tersebut sangat penting dalam membiayai sektor prioritas dan infrastruktur yang tengah dicanangkan pemerintah.

OJK, lanjut dia, hanya ingin menyampaikan bahwa pada waktunya terhadap bank-bank tersebut untuk dimintakan komitmennya agar lebih berperan aktif dalam merealisasikan fungsi intermediasi.

"Terutama untuk membiayai berbagai sektor prioritas yang telah digadang pemerintah dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang diharapkan," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3225 seconds (0.1#10.140)