Istri JK Sindir Menperin Soal Perbedaan Tenun dan Batik

Selasa, 09 Agustus 2016 - 11:36 WIB
Istri JK Sindir Menperin Soal Perbedaan Tenun dan Batik
Istri JK Sindir Menperin Soal Perbedaan Tenun dan Batik
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) hari ini menggelar acara pameran tenun "Wastra Tenun Nusantara" di lingkungan Kemenperin. Acara yang dibuka oleh Istri Wakil Presiden RI Mufidah Jusuf Kalla memamerkan hasil kain tenun dan aksesoris dari berbagai daerah di Indonesia.

Mufidah sangat mengapresiasi kegiatan pameran ini lantaran tenun Indonesia merupakan warisan budaya nasional dalam negeri yang patut untuk dilestarikan. Selain itu, setiap wilayah di Indonesia memiliki ciri khas kain tenun yang indah dan mampu bersaing di pasar domestik dan mancanegara.

"Kami menyambut baik dengan adanya pameran ini. Apalagi, kain tenun ini adalah warisan budaya bangsa Indonesia yang memiliki ciri khas berbeda-beda di setiap daerahnya," kata Mufidah di kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Menurutnya, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto harus hafal perbedaan antara batik dengan tenun. Pasalnya, Mufidah meledek menperin baru ini karena menyebut batik tidak ada bedanya dengan tenun.

"Pak Airlangga bilang kalau tenun dan batik hampir sama. Padahal jauh berbeda. Di sini Bapak Airlangga biar tahu ya pak, perbedannya," kata dia kepada Menperin Airlangga yang hanya tertawa saja.

Mufidah menilai, pameran tenun kali ini sesuai kondisi ekonomi saat ini yang mengedepankan UMKM dan pengusaha tenun Indonesia dari berbagai daerah. Pengembangan ini diharapkan mampu mempromosikan tenun Indonesia secara lebih luas.

"Pengembangan fungsi tenun ini kami harapkan mampu membuat tenun Indonesia menjadi lebih berkualitas, unik dan otentik baik di Indonesia maupun internasional," tutup dia.

Pameran tenun ini diikuti 40 peserta UMKM tenun di berbagai daerah Indonesia, dan akan digelar di kantor Kementerian Perindustrian selama empat hari ke depan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5575 seconds (0.1#10.140)